[SALAH] “SAH! Megawati Umumkan Anies – Rano Karno Maju Pilgub Jakarta Hari Ini”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah

Narasi yang mengklaim Megawati umumkan Anies Rano maju Pilgub Jakarta merupakan informasi yang tidak benar. Faktanya, Megawati tidak pernah mengeluarkan keterangan tersebut, sebaliknya Megawati dengan tegas menolak peluang tersebut. Saat ini PDIP mengusung Pramono Rano dalam Pilgub Jakarta 2024.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =
KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1725637413.782139/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“SAH! Megawati Umumkan Anies – Rano Karno Maju Pilgub Jakarta Hari Ini”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Ling Lung memposting sebuah gambar yang menampilkan gambar Megawati disertai narasi “SAH! Megawati Umumkan Anies-Rano Karno Maju Pilgub Jakarta Hari Ini”. Postingan yang diunggah pada 26 Agustus 2024 pukul 16.19 disertai caption “Akhirnya anak Abah punya uti baru :blush:”.

Setelah ditelusuri menggunakan kata kunci “Anies-Rano maju Pilgub Jakarta” hasilnya, terdapat artikel yang membahas perihal informasi Anies Rano maju Pilgub Jakarta dalam artikel Detik berjudul “PDIP Umumkan Duet Anies-Rano Karno Maju Pilgub Jakarta Hari Ini” Senin, 26 Agustus 2026 pukul 10.33 WIB. Dalam artikel tersebut dituliskan bahwa saat Ketua DPP PDIP Said Abdullah diberi pertanyaan apakah Anies-Rano Karno akan diusung oleh PDIP di Jakarta, dirinya menjawab “Hari ini akan diumumkan,” kata Said saat dikonfirmasi Detik, Senin (26/8/2024). Artikel tersebut tidak menyampaikan bahwa Megawati mengumumkan Anies-Rano maju Pilgub Jakarta, pernyataan yang dikeluarkan Said sampaikan ketika PDIP belum mengumumkan secara resmi siapa yang akan maju di Pilgub Jakarta.

Saat merespon terkait mengusung Anies Baswedan dalam Pilgub Jakarta 2024 Ketua Umum PDIP Megawati tegas menolak peluang tersebut. “Enak aja ya, ngapain gue suruh dukung Anies,” ujar Megawati di Kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 21 Agustus 2024 melansir dari metrotvnews.com.

Saat artikel ini ditulis, KPU telah menetapkan 3 Paslon Pilgub Jakarta yang mana PDIP mengusung Pramono Rano bukan Anies Rano. Pasangan Pramono Rano mendapat nomor urut satu dalam pemilu DKI Jakarta 2024. Adapun nomor dua diperoleh Ridwan Kamil dan Suswono dan nomor tiga Dharma Pongrekun dan Kun Wardana Abiyoto.

Dengan demikian narasi yang mengklaim Megawati umumkan Anies Rano maju Pilgub Jakarta merupakan informasi yang tidak benar. Megawati tidak pernah mengeluarkan keterangan tersebut, sebaliknya Megawati dengan tegas menolak peluang tersebut. Saat ini PDIP mengusung Pramono Rano dalam Pilgub Jakarta 2024, sehingga informasi tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://news.detik.com/pilkada/d-7508665/pdip-umumkan-duet-anies-rano-karno-maju-pilgub-jakarta-hari-ini
https://www.metrotvnews.com/read/NG9C36Jo-pdip-didorong-dukung-anies-megawati-enak-aja
https://news.detik.com/pilkada/d-7552791/resmi-ditetapkan-kpu-ini-profil-3-paslon-pilgub-jakarta-2024