[SALAH] Presiden Jokowi Akhirnya Nyatakan Mundur di Depan Massa

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Faktanya dalam tidak ditemukan informasi valid terkait pengunduran diri Jokowi sebagai Presiden RI. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi.

=======
[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi
=======
[SUMBER]:https://web.archive.org/save/https://youtu.be/6RuBxRvqz_I?si=https://web.archive.org/save/https://youtu.be/6RuBxRvqz_I?si=ea8VtPa3yPVYPCtD (Youtube)
=======
[NARASI]:
BERITA TERKINI~JOKOWI NYATAKAN MUNDUR DI DEPAN MASSA!?~PILPRES 2024~PEMILU 2024
=======
[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama Kabar Akurat dengan narasi bahwa Jokowi telah menyatakan mundur sebagai Presiden di depan massa. Video tersebut diunggah pada 30 Agustus 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang menampilkan Presiden Jokowi didampingi Ma’ruf Amin berdiri dan berbicara di atas mobil berwarna putih merupakan hasil manipulasi. Foto aslinya dimuat dalam situs detik.com, yaitu saat massa FPI berorasi di depan kantor Tempo pada 16 Maret 2019. Foto tersebut telah diedit menjadi wajah Jokowi dan Ma’ruf Amin.

Selanjutnya narator juga membacakan ulang artikel lainnya dari sindonews.com yang berjudul “Digoyang Banyak Demo, Jokowi Diyakini Tak Akan Lengser Paksa”. Dalam artikel ini membahas tentang pernyataan seorang pakar hukum tata negara, Andi Asrun yang mengatakan bahwa Presiden Jokowi akan mengakhiri masa jabatannya sebagai Presiden pada 20 Oktober 2024. Meskipun banyaknya demo dan tuntutan untuk mengakhiri jabatan, menurut Andi kekuasaan Jokowi tidak akan lengser karena hal tersebut.

Dalam unggahan tersebut sama sekali tidak membahas kemunduran Jokowi sebagai Presiden RI di depan massa. Dan hingga saat ini (25 September 2024) Jokowi masih menjabat sebagai Presiden RI. Sehingga dapat disimpulkan bahwa unggahan video tersebut merupakan konten yang dimanipulasi.
=======
[REFERENSI]:
https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4542021/fpi-solo-hubungkan-munculnya-petisi-dengan-pemilu

https://nasional.sindonews.com/read/1444185/12/digoyang-banyak-demo-jokowi-diyakini-tak-akan-lengser-paksa-1724778503