[SALAH] Prabowo Lepas Tangan IKN, Serahkan IKN ke Gibran

Hasil periksa fakta Shafina.

Faktanya Prabowo mendukung pembangunan proyek IKN dan berkomitmen untuk menyelesaikan pembangunan IKN hingga selesai. Presiden terpilih 2024-2029 juga menganggap IKN adalah proyek politis dan harus ditopang oleh APBN, dan modal dari luar negeri akan mengikuti kemudian.

===========
[KATEGORI] = Konten manipulasi
===========
[SUMBER]: Twitter https://ghostarchive.org/varchive/lUfc4ntbeE8
===========
[NARASI]:
“Berita Terkini – Prabowo Lepas Tangan, Serahkan IKN ke Gibran. Kini Prabowo lakukan hal yang menohok, diserahkan proyek IKN kepada Gibran”
===========
[PENJELASAN]:

Akun youtube INFO RAKYAT memposting sebuah video berjudul “Prabowo Lepas Tangan, Serahkan IKN ke Gibran” pada 15 Juli 2024. Video tersebut bernarasikan asumsi-asumsi dari beberapa tokoh politik, seperti Rocky Gerung dan sejumlah video dari akun sosial media lain untuk menggiring opini bahwa seolah-olah Prabowo tidak ingin pindah ke IKN dan berseberangan dengan pihak Jokowi.

Setelah dilakukan penelurusan, dalam dialog di ajang Forum Ekonomi Qatar di Doha, Prabowo meyakini proyek anggaran negara (APBN) akan sanggup untuk membiayai proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Kalimantan Timur, hingga rampung. Dilansir dari nasiona.kompas.com, pemerintahannya akan mengutamakan penggunaan APBN demi membiayai proyek IKN.

Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto, menegaskan dirinya dan wakil presiden RI terpilih, Gibran Rakabuming Raka, akan melanjutkan program-program pemerintahan Presiden Joko Widodo. Proyek IKN yang merupakan warisan dari pemerintahan Presiden Jokowi akan dilanjutkan sampai selesai. Ia berpendapat bahwa pembangunan memerlukan kontinuitas, tetapi tetap perlu adanya perbaikan dan inovasi.

Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa Prabowo lepas tangan dan serahkan IKN ke Gibran merupakan informasi tidak valid dan tidak terbukti.

 [REFERENSI] :
https://nasional.kompas.com/read/2024/04/29/16501441/janjikan-keberlanjutan-program-jokowi-prabowo-akui-perlu-ada-perbaikan
https://nasional.kompas.com/read/2024/04/29/16501441/janjikan-keberlanjutan-program-jokowi-prabowo-akui-perlu-ada-perbaikan

themes: politics, tools; mixed, sc: yt, tc: wedge, fu: fc, evidence: video, scope: domestic, actors: govt

Sumber asli: https://www.youtube.com/watch?v=lUfc4ntbeE8 (edited)