[SALAH] Foto Kaesang Mengenakan Rompi Bertuliskan “cucu PKI”

Hasil MANIPULASI, BUKAN bertuliskan “cucu PKI”. FAKTA: tulisan di foto ASLINYA adalah “Putra Mulyono”.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi.

SUMBER: X/Twitter https://x.com/Kevin_Imut123/status/1838544174863536511https://archive.ph/es1Jr (arsip cadangan).

NARASI: “Lo nyinyirin rakyat?
Gue bablasin dah..”

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Dimanipulasi: Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu” [1]

SUMBER membagikan konten hasil MANIPULASI. FAKTA: BUKAN bertuliskan “cucu PKI”, tulisan di foto ASLINYA adalah “Putra Mulyono”.

Verifikasi Foto

Salah satu foto yang identik dari sumber autoritatif, detikNews pada 24 Sep 2024: “Jakarta – Ketua Umum Partai Solidaeritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, blusukan ke Kampung Barat, Desa Daru, Jambe, Tangerang, Banten, sore ini. Dalam kunjungannya, Kaesang tampak mengenakan rompi bertulisan ‘Putra Mulyono’. …” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Hasil pencarian Google dengan kata kunci “kaesang putra mulyono”,

Google Images [3]

Google News [4]

Google Videos [5]

REFERENSI

[1] https://firstdraftnews-org.translate.goog/long-form-article/understanding-information-disorder/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=en-US&_x_tr_pto=nui / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2]https://news.detik.com/berita/d-7555955/bagi-buku-susu-ke-warga-tangerang-kaesang-pakai-rompi-putra-mulyono / https://archive.ph/mTGLL (arsip cadangan).

[3] https://www.google.com/search?q=kaesang+putra+mulyono&tbm=isch / https://ghostarchive.org/archive/g38aa (arsip cadangan).

[4] https://www.google.com/search?q=kaesang+putra+mulyono&tbm=nws / https://ghostarchive.org/archive/PSbNl (arsip cadangan).

[5] https://www.google.com/search?q=kaesang+putra+mulyono&tbm=vid / https://ghostarchive.org/archive/79XYU (arsip cadangan).