[SALAH] Bisnis Gelap Gibran Terungkap

Hasil periksa fakta Panji

Isi video tidak memberikan pembahasan sesuai dengan klaim di judul, video hanya membahas tentang unjuk rasa di gedung KPK oleh mahasiswa yang tergabung dalam GMNI.

===========

[KATEGORI]: Konten palsu

===========

[SUMBER]: Youtube https://ghostarchive.org/varchive/H4dBjV-aGMk (arsip)

===========

[NARASI]:

AKHIRNYA DI PERIKSA PENYIDIK UNGKAP BISNIS GELAP ANAK JOKOWI TERNYATA INI

===========

[PENJELASAN]: 

Sebuah unggahan di Youtube menyebarkan sebuah klaim jika putra sulung Presiden Jokowi, Gibran, memiliki bisnis gelap yang akhirnya terungkap oleh tim penyidik.

Akan tetapi saat disimak isi video tersebut memiliki pembahasan yang sangat berbeda dari klaim pada judul. Isi video hanya membahas mengenai artikel berjudul “Aktivis GMNI Demo di KPK: Tangkap dan Adili Keluarga Mulyono! Batalkan Pelantikan Gibran!”.

Artikel tersebut membahas tentang demo yang dilakukan oleh Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) pada 20 September 2024 lalu di depan Gedung Merah Putih KPK. Aksi ini dilakukan untuk mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar mengusut tuntas dan memeriksa keluarga Presiden Joko Widodo atas berbagai dugaan kasus korupsi.

Hingga akhir video tidak ada penjelasan yang dapat membuktikan jika benar Gibran memiliki bisnis gelap yang akhirnya terungkap.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.gelora.co/2024/09/aktivis-gmni-demo-di-kpk-tangkap-dan.html