[SALAH] Sebanyak 700 tentara IDF menyerahkan diri kepada PBB

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Tidak ditemukan sumber dari pemberitaan valid yang membenarkan klaim tersebut. Cuplikan-cuplikan dari postingan tersebut tidak berkaitan satu dengan yang lainnya.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Snack Video

https://bit.ly/4eip2nO

Arsip video: https://bit.ly/4guq2ag

= = =

Narasi:

“Cari selamat 700 tentara IDF menyerahkan diri ke PBB yang di pinpin oleh TNI”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi di Snack Video yang menyebut bahwa sebanyak 700 tentara Israel Defense Forces (IDF) menyerahkan diri ke PBB yang dipimpin oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI). Terlihat dalam video cuplikan beberapa orang yang dianggap sebagai tentara yang sedang menyerahkan diri.

Namun Pemeriksa Fakta Mafindo sebelumnya telah membantah klaim yang menyesatkan tersebut, beberapa cuplikan video yang ditampilkan juga tidak berkaitan satu dengan lainnya. Penelusuran dengan kata kunci di Google tidak ditemukan sumber valid yang memberitakan klaim tersebut.

Seperti yang dilaporkan di turnbackhoax.id, cuplikan video pada awal video menampilkan ribuan anak-anak yang menjadi korban penangkapan massal di El Salvador. Cuplikan tersebut mirip dengan yang disematkan dalam artikel berita DW yang berjudul “HRW reports more than 3,000 minors detained in El Salvador”.

Kemudian terkait cuplikan tiga tentara dengan bendera Israel di belakangnya, video tersebut sebelumnya telah beredar di YouTube dengan judul “Mayor Jenderal Komando Selatan di lokasi bencana di Rafah: “Kami akan menghancurkan semua infrastruktur musuh di sekitar” (Kredit: Juru Bicara IDF)”. Juga tidak ada kaitannya dengan penyerahan IDF kepada PBB.

Dengan demikian, klaim sebanyak 700 tentara IDF menyerahkan diri ke PBB adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

= = =