[SALAH] Foto Pelabuhan Eilat, Israel pada 19 Juli 2024

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Foto itu diambil oleh fotografer Israel pada November 2019, bukan pemandangan Pelabuhan Eilat pada 19 Juli 2024.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/oCGPn

=====

Narasi:
“Penampakan pelabuhan Eliat Israel hari ini yang katanya hancur lebur akibat serangan rudal Houthi Yaman yang katanya hanya membutuhkan waktu 20 menit menurut salah satu orang islam model kontol @OmJ_JeNggot ini.. Masyaallah

Namun sudah bbrp hari ini rudalnya belum nyampe”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @ProfOnline_id mengunggah foto yang diklaim sebagai pelabuhan Eilat, Israel. @ProfOnline_id juga menuliskan bahwa foto itu adalah kondisi pelabuhan Eilat yang masih tenang, tidak seperti yang diberitakan telah dihancurkan oleh rudal Houthi pada saat itu. Cuitan dan foto yang diunggah pada 19 Juli tersebut telah disukai 128 orang, dikutip dan dibagikan ulang 31 kali, serta telah dilihat 12,300 kali.

Setelah menelusuri gambar tersebut dengan Google Lens, ditemukan beberapa artikel media berita Israel menggunakan foto yang sama persis. Di artikel yang ditulis The Times of Israel yang berjudul “Jordan to host Israel, Palestinians for Sunday summit in bid to restore calm”, terdapat keterangan bahwa foto itu merupakan pemandangan Kota Aqaba di Yordania yang terlihat dari Kota Eilat di Israel dan diambil pada 10 November 2019 oleh fotografer Moshe Shai.

Selain itu, foto tersebut juga digunakan oleh media Israel lain di artikel yang setelah diterjemahkan ke Bahasa Inggris berbunyi “Chlorine gas leak in the port of Aqaba: at least 10 dead and hundreds more injured”. Pada keterangan foto itu juga tertulis pemandangan Kota Aqaba, diambil oleh fotografer Moshe Shai. Artikel ini dipublikasikan pada 28 Juni 2022.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh akun Twitter @ProfOnline_id adalah konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.timesofisrael.com/jordan-to-host-israel-palestinians-for-sunday-summit-in-bid-to-restore-calm/


https://www.davar1.co.il/387602/