[SALAH] Artikel CNBC Indonesia: “Raja Salman Sebut: Negara Termunafik Nomor Satu Indonesia”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Tangkapan layar berita tersebut telah dimanipulasi, tidak ditemukan sumber valid termasuk CNBC Indonesia yang memberitakan bahwa Raja Salman menyebut hal tersebut.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.ph/TYvfy

= = =

Narasi:

“Raja Salman Sebut: Negara Termunafik Nomor Satu Indonesia”

“BETUL 100 UNTUK BAGINDA RAJA SALMAN… :+1::+1:”

= = =

Penjelasan:

Sebuah akun Twitter dengan username @S4N_W1B1 membagikan tangkapan layar berita dari CNBC Indonesia yang menyebut bahwa Raja Salman menyebut bahwa Indonesia merupakan negara termunafik nomor satu. Hingga artikel ini ditulis, postingan tersebut telah menerima 5rb likes dan telah diposting ulang sebanyak 1rb kali.

Namun ketika diperhatikan, foto yang disematkan merupakan putra mahkota kerajaan Arab Saudi yakni Muhammad bin Salman Al Saud (MBS), bukan Raja Salman. Setelah ditelusuri dengan kata kunci di Google juga tidak ditemukan sumber valid dari media mana pun termasuk CNBC Indonesia yang memberitakan bahwa raja Salman berkata demikian.

Selanjutnya penelusuran dilakukan dengan mencari artikel dari CNBC Indonesia yang memberitakan MBS dengan kata kunci di Google, hasilnya ditemukan banyak artikel CNBC Indonesia yang menggunakan foto serupa. Penelusuran untuk mencari artikel asli berlanjut dengan memperhatikan nama penulis yakni ‘sef’ dan jam tayang yang terlihat dalam tangkapan layar tersebut yakni 07:40.

Hasilnya ditemukan artikel CNBC Indonesia dengan judul “Raja Salman Segera Lengser? MBS Resmi Jadi PM Baru Arab Saudi” yang diwartakan oleh sef dan tayang pada 28 September 2022 pukul 07:40. Artikel asli ini merupakan artikel yang kemiripan paling mendekati dengan tangkapan layar tersebut dari pada artikel CNBC Indonesia lainnya yang ditulis oleh sef dengan gambar yang serupa. Meskipun terdapat perbedaan tahun, namun dapat diduga bahwa tahun dalam tangkapan layar tersebut juga telah dimanipulasi supaya terlihat lebih up-to-date.

Dengan demikian, CNBC Indonesia memberitakan Raja Salman menyebut Indonesia negara termunafik adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.cnbcindonesia.com/news/20220928071749-4-375488/raja-salman-segera-lengser-mbs-resmi-jadi-pm-baru-arab-saudi

= = =