[PENIPUAN] Bupati Kasmarani Bagikan Bantuan Lewat WA

Hasil periksa fakta Rahmah.

Bupati Bengkalis Kasmarani menyatakan akun-akun yang mengatasnamakan dirinya adalah modus penipuan dan jangan lupa konfirmasi kebenaran kepada pihak terkait.

KATEGORI: IMPOSTOR CONTENT

SUMBER: WHATSAPP

NARASI:
/mengirim bukti tf/
Alhamdulillah ini donasi dari saya dan keluarga saya, semoga berkah dan bermanfaat, amin ya rabbal’alamin
InsyaAllah nanti akan ada dana bantuan tambahan lagi amanah dari saya dan rekan rekan saya untuk Ponpes MQBS Bengkalis dan Titipan dana amanah dari saya untuk Yayasan Ponpes Al Muttaqien Lampung sekalian

PENJELASAN:
Disadur dari Diskominfotik Bengkalis.

Kembali beredar nomor WhatsApp memasang nama dan foto profil Bupati Bengkalis Kasmarani. Akun tersebut menghubungi salah satu yayasan bertujuan untuk mengirimkan bantuan tunai. Pada tangkapan layar percakapan yang beredar, Bupati Kasmarani mengirimkan bukti transfer sebesar 5 juta untuk bantuan pertama, karena akan ada bantuan tambahan dari rekan-rekan Kasmarani sebutnya.

Faktanya nomor WhatsApp tersebut bukan milik Kasmarani. Diskominfotik Bengkalis membagikan tangkapan layar akun WhatsApp tersebut. Dilansir dari situs resmi diskominfotik.bengkaliskab.go.id, Kasmarani mengimbau masyarakat mewaspadai aksi penipu dengan berbagai modus. Jangan mudah percaya dengan bukti transfer yang mudah di edit.

Kasmarani juga meminta aparat penegak hukum untuk mengusut modus penipuan yang mengatasnamakan pejabat tersebut.
Sehingga akun WhatsApp mengatasnamakan Kasmarani yang mengirimkan bantuan disertai bukti transfer yang palsu merupakan konten tiruan.

REFERENSI:
https://diskominfotik.bengkaliskab.go.id/web/detailberita/19318/berdalih-berikan-bantuan-penipu-ini-mengatasnamakan-bupati-kasmarni-masyarakat-diminta-waspada