[SALAH] SINGA MENGGALI KUBURAN SENDIRI

Hasil pemeriksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang menyesatkan, faktanya informasi tersebut merupakan Hoax Lama Bersemi Kembali (HLBK). Nyatanya, Singa tersebut menggali lubang persembunyian babi hutan selama 7 jam untuk dimangsa.

=====

[KATEGORI]: KONTEKS YANG SALAH

=====

[SUMBER]: TWITTER
https://archive.cob.web.id/archive/1726850221.700285/index.html

=====

[NARASII]: Entah amalan hidup apa yang oleh sang raja jalani semasa berkuasa, hingga mau matipun harus mengubur jasadnya sendiri :sob:

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Twitter/X dengan nama akun “hasamici” pada tanggal 14 September 2024 yang mengunggah video dengan narasi singa menggali kuburannya sendiri.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut berulang kali muncul pada tahun 2024, pemeriksa fakta Mafindo telah membuat artikel klrifikasi pada laman Turnbackhoax.id dengan judul artikel “[SALAH]: SINGA MENGGALI KUBURAN SENDIRI”.

Faktanya, bukan menggali kuburannya sendiri. Singa tersebut menggali lubang persembunyian babi hutan selama 7 jam untuk dimangsa.

Melansir dari Dailymail.co.uk, video tersebut terjadi di Taman Nasional Maasai Mara. Lebih lanjut, babi hutan memang menggunakan lubang di tanah sebagai tempat berlindung untuk tidur dengan aman di malam hari, serta untuk melindungi anak-anak mereka dari pemangsa.

Dengan demikian, klaim seekor singa yang sekarat tertangkap kamera sedang menggali kuburannya sendiri adalah salah dan masuk kategori konteks yang salah.

=====

[REFERENSI]:
https://turnbackhoax.id/2024/04/16/salah-singa-menggali-kuburan-send/
https://turnbackhoax.id/2023/04/04/salah-video-singa-ini-menggali-kuburanya-sendiri/
https://www.dailymail.co.uk/news/article-9426547/Dig-pig-Lion-claws-mud-seven-hours-uncover-warthog-hiding-burrow.html