[SALAH] Maarten Paes Fasih Berbahasa Indonesia

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, video asli pada wawancara Maarten Paes menggunakan bahasa Inggris bukan bahasa Indonesia.
=====    

KATEGORI: Konten yang di Manipulasi

=====    

Sumber: Youtube
https://ghostarchive.org/archive/E1xZd

=====    

Narasi   
Maarten Paes Paseh Bener Bahasa Indonesianya 


=====   

Penjelasan:   
Sebuah akun youtube bernama @aliefpangkas87 mengunggah sebuah postingan yang memperlihatkan Maarten Paes sedang diwawancarai dengan bahasa Indonesia dan dijawab juga menggunakan bahasa Indonesia. Postingan tersebut juga telah dilihat sebanyak 314 ribu penonton di Youtube. 

Setelah dilakukan penelusuran dengan google search image, terdapat postingan yang mirip dengan unggahan youtube tersebut, pertama pada akun tiktok Dun Hill dan akun youtube Timnas United. Dalam postingan tersebut, terlihat bahwa Maarten Paes diwawancarai dengan menggunakan bahasa Inggris dan ia pun menjawab juga menggunakan bahasa Inggris. 

Dilansir dalam wawancara dengan Metro TV, Maarten menjelaskan bahwa dirinya terus belajar bahasa Indonesia untuk memperlancar komunikasi dengan rekan-rekan satu tim. Meski begitu, Paes belum sepenuhnya lancar dalam berbahasa Indonesia. Maarten juga mengatakan bahwa dirinya siap untuk diwawancarai memakai bahasa Indonesia pada Oktober mendatang. 

Kemudian, telah dilakukan pengecekan suara pada video tersebut menggunakan Hive Moderation, hasil menunjukkan 99,8% bahwa suara dalam video tersebut merupakan buatan AI. Kemungkinan besar, video asli wawancara bahasa Inggris diubah dengan menggunakan bahasa Indonesia memakai AI. 
=====     

Referensi:    
https://youtube.com/shorts/bLhIDoNDKts?si=-5EbEI8ScsqENSyf
https://vt.tiktok.com/ZS24AeL2V/
https://youtu.be/bX0jIVuPCmA?si=xBGR0-lgRkkA-q3c
https://hivemoderation.com/nim