[SALAH] Kemunculan Kepiting Raksasa di Kupang

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, makhluk yang diyakini sebagai kepiting raksasa tersebut adalah sebuah karya seni instalasi di Spanyol yang terbuat dari material daur ulang.
=====    

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====    

Sumber: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/qb4dq
=====    

Narasi   
2 kepiting raksasa menampakan diri d’kupang

:face_with_peeking_eye:
:face_with_peeking_eye:
:face_with_peeking_eye:

=====   

Penjelasan:   
Sebuah akun facebook bernama Mario Tjokromosio Ria telah mengunggah sebuah video yang bernarasikan penampakan sebuah kepiting raksasa di Kupang. Postingan tersebut telah diunggah pada tanggal 23 Agustus 2024. 

Setelah dilakukan penelusuran dengan menggunakan google lens, pencarian diarahkan kepada beberapa artikel dan mengarah kepada beberapa media sosial. Pda akun tiktok Felix Cebrian terdapat beberapa video yang mirip dengan unggahan facebook tersebut.

Dalam unggahannya pada 23 Juni terdapat video menunjukkan sekelompok orang bergotong royong memindahkan makhluk yang diyakini sebagai kepiting tersebut menggunakan crane. Dalam video tersebut juga tidak terlihat kepiting bergerak ataupun memberontak. 

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, terdapat unggahan facebook lain yaitu dengan nama Ayuntamiento Chipiona yang menjelaskan bahwa makhluk yang diyakini sebagai kepiting raksasa tersebut merupakan sebuah patung karya Alfredo Zarazaga.

Kemudian, dalam web resmi Alfredo yaitu alfredozarazaga.es menjelaskan bahwa karya kepiting raksasa tersebut merupakan buatannya dan membutuhkan 4.300 kilogram besi daur ulang. Patung tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pelestarian lingkungan laut. Patung tersebut juga diletakkan di Corrales en el Agua di bawah Mecusuar Chipiona, Spanyol pada Juni 2024. 

=====     

Referensi:    
https://vt.tiktok.com/ZS2QgL2ja/
https://www.facebook.com/share/UJHgki7kip6KE322/?mibextid=WC7FNe
https://alfredozarazaga.es/obra/
https://turnbackhoax.id/2024/08/31/salah-video-2-kepiting-raksasa-muncul-di-pantai-kupang-ntt/