[SALAH] “Cacar Monyet Sudah sampai Brebes, Bupati Brebes jadi Korban Pertama”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Pemerintah Kabupaten Brebes melalui Dinas setempat telah mengkonfirmasi bahwa Pj Bupati Brebes yang diisukan terkena cacar monyet adalah hoaks. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://archive.ph/02snr

= = =

Narasi:

“Hari hati teman teman virus cacar monyet udh smpe ke Indonesia waspada bisa mengakibatkan kematian”

“Jaga kesehatan utk rekan2 Virus Monyet sdh sampai Brebes, ini bupati Brebes korban pertama”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi di Facebook yang menyebut bahwa Pj Bupati Brebes terkena cacar monyet dan menjadi pasien pertama di Brebes. Terlihat dalam postingan tersebut juga tangkapan layar dari WhatsApp, isu Pj Bupati Brebes terkena cacar monyet ini memang sudah beredar melalui pesan berantai WhatsApp.

Pemeriksa Fakta Mafindo sebelumnya telah membuat laporan bantahan dari klaim yang beredar di pesan berantai tersebut. Dalam laporannya di turnbackhoax.id disebutkan bahwa Pemerintah Brebes melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Brebes menyebut bahwa kabar yang beredar tersebut adalah hoaks.

Selain itu juga disebutkan bahwa Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Brebes Ineke Tri Sulistyowaty mengkonfirmasi bahwa isu yang diarahkan kepada Pj Bupati Brebes adalah hoaks. Ineke juga menjelaskan bahwa pasien suspect cacar monyet yang dirawat di RSUD Brebes telah membaik dan diperbolehkan pulang pada 6 September 2024, sejauh ini juga tidak ditemukan adanya penularan dari pasien tersebut kepada orang lain.

Dengan demikian, foto Pj Bupati Brebes terkena cacar monyet adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

= = =