[SALAH] Bukan Azan, Gibran Membisikan Lafaz Takbiran kepada Bayi Baru Lahir

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Video tersebut merupakan hasil manipulasi yang diedit menjadi wajah Gibran.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Snack Video

https://bit.ly/4ecEtxy

Arsip video: https://bit.ly/4eik1LB

= = =

Narasi:

“Gibran Akhirnya tahu Beda Takbir dengan Azan”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di Snack Video yang menampilkan wakil presiden terpilih, Gibran membisikan Lafaz Takbiran kepada bayi yang baru lahir, yang mana dalam Islam dianjurkan untuk membisikan azan di telinga sebelah kanan pada bayi yang baru lahir, bukan takbiran.

Setelah ditelusuri oleh Pemeriksa Fakta Mafindo di turnbackhoax.id, faktanya video tersebut merupakan hasil manipulasi yang dibantu dengan AI.

Video asli yang telah diverifikasi oleh Pemeriksa Fakta Mafindo adalah yang sebelumnya sudah diunggah oleh seorang bernama Vicky Jackson pada akun TikTok @vickyjackson200 dan Instagram @vicky_jackson200 pada Februari 2022.

Wolipop.detik.com pada 5 Maret 2022 juga pernah mengulas video yang viral tersebut, juga disebutkan dalam artikel bahwa Vicky adalah sosok dibalik seorang yang sedang berusaha untuk mengumandangkan azan untuk buah hati pertamanya.

Dengan demikian, video Gibran membisikan Lafaz Takbiran pada bayi baru lahir adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://wolipop.detik.com/entertainment-news/d-5969495/pria-viral-dikira-ngelawak-bukannya-mengazani-bayinya-malah-takbiran

= = =