[PENIPUAN] Festival Pesta Poin BRIMO

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, tidak ada laman resmi BRI yang memuat mengenai informasi tersebut. Link pada unggahan facebook tersebut juga tidak mengarah pada laman resmi BRI.
=====    

KATEGORI: Konten Tiruan

=====    

Sumber: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/fzT7W

=====    

Narasi   
Hai Hai sobat BRI..!!
Yuk ikuti program Undian berhadiah FESTIVAL Pesta Poin BRIMO, khusus yang sudah menggunakan aplikasi BRImo bisa ikutan daftar secara Gratis..!!

Sobat bisa memenangkan HADIAH GRAND PRIZE dan hadiah lain nya.
Buruan daftar sekarang dengan cara Klik DAFTAR di bawah ini  
:arrow_down::arrow_down:


=====   

Penjelasan:   
Akun facebook Festival Gebyar telah mengunggah postingan yang berisi informasi mengenai undian berhadiah Festival BRIMO yang diselenggarakan oleh BRI. Postingan tersebut juga mencantumkan link untuk melakukan pendaftaran. 

Setelah dilakukan penelusuran dengan membuka web resmi BRI http://bri.co.id tidak ditemukan informasi mengenai undian berhadiah tersebut. Link yang telah disematkan pada unggahan tersebut juga tidak mengarah pada laman resmi milik BRI. Tautan ini mengarah ke situs web yang berbeda di mana berisikan untuk mencetak sebuah kupon. Kemudian ada beberapa data yang perlu diisi berkaitan dengan nama lengkap, nomor rekening, saldo aktif, dan nomor handphone. 

Dengan melakukan penelusuran melalui laman resmi facebook BRI http://facebook.com/BRIofficialpage juga tidak ditemukan informasi mengenai undian BRIMO tersebut. Kemudian, dilakukan penelusuran pada foto yang dilampirkan dalam postingan tersebut memakai google search image. Ternyata, foto tersebut diambil dari thumbnail artikel pontianak.tribunnews.com dengan judul “Gina Senang Dapat Mobil Avanza Dari Panen Hadiah Simpedes BRI Cabang Mempawah” yang diunggah pada April 2019. 

Dalam artikel tersebut menjelaskan bahwa terdapat warga Mempawah yaitu Gina Istiqomah gadis berusia 25 tahun yang beruntung mendapatkan grand prize satu unit mobil Toyota Avanza dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Mempawah. Undian tersebut merupakan event Panen Hadiah Simpedes BRI semester II tahun 2018, periode Juli-Desember 2018 yang di undi pada tanggal 5 April 2019 lalu.

Dilansir dalam turnbackhoax, penipuan ini sering kali terjadi dan menjadi salah satu modus untuk melakukan penipuan online, sehingga masyarakat dihimbau untuk tetap berhati – hati.

=====     

Referensi:  
https://bri.co.id/
https://www.facebook.com/BRIofficialpage
https://pontianak.tribunnews.com/2019/04/30/gina-senang-dapat-mobil-avanza-dari-panen-hadiah-simpedes-bri-cabang-mempawah
https://turnbackhoax.id/2024/06/19/penipuan-festival-berhadiah-bri/