[SALAH] Restoran Domino Pizza Hina Umat Islam

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Narasi yang menyebutkan Domino’s Pizza menghina umat Islam adalah tidak benar. Teks pada struk pembayaran dibuat oleh pelanggan yang menyalahgunakan kolom keterangan pada pesanan online. Domino’s Pizza dan kepolisian Malaysia telah mengusut kasus tersebut.

===========

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/mzPYZ (arsip)

===========

[NARASI]: “Tujukan setruk DOMINO PIZZA .. Coba d up, biar kasih tutup Restorn ternama ini, kerana menghina Islam dalam setruk tercatat “STUPID ISLAM” ( Islam yang Bodoh)”

===========

[PENJELASAN]:
Artikel disadur dari Kompas.
Beredar unggahan di media sosial Facebook menampilkan foto kwitansi atau struk bukti pembayaran dari restoran cepat saji Domino’s Pizza menampilkan teks “stupid islam”, dan dianggap sebagai hinaan terhadap umat Islam.

Struk dalam foto menampilkan alamat Domino’s Pizza yakni di Bayan Lepas, Penang, Malaysia. Struk tersebut juga viral di Negeri Jiran. Banyak yang mengira struk dibuat oleh pihak restoran. Dilansir Free Malaysia Today, 16 Mei 2024, tulisan pada struk berasal dari pelanggan. Kolom keterangan pada pesanan online disalahgunakan, dengan mencantumkan teks provokatif.

Dikutip dari Malay Mail, Domino’s Pizza Malaysia telah membuat laporan ke polisi atas kejadian tersebut. Polisi telah memeriksa empat WNA untuk menyelidiki kasus ini. Kejadian ini dinilai melanggar Pasal 298 KUHP Malaysia tentang penghasutan keagamaan dengan hukuman maksimal 1 tahun penjara, denda, atau keduanya jika terbukti bersalah. Domino’s Pizza mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa mereka tidak menoleransi diskriminasi atau agresi dalam bentuk apa pun. Mereka menyerahkan masalah tersebut kepada pihak berwenang.

Berdasarkan dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa narasi yang menyebutkan Domino’s Pizza menghina umat Islam adalah tidak benar. Teks pada struk pembayaran dibuat oleh pelanggan yang menyalahgunakan kolom keterangan pada pesanan online. Domino’s Pizza dan kepolisian Malaysia telah mengusut kasus tersebut.

===========

 [REFERENSI] :
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/09/20/133900382/-hoaks-restoran-pizza-hina-umat-islam

https://www.freemalaysiatoday.com/category/nation/2024/05/16/dominos-pizza-files-police-report-over-derogatory-message-on-receipt/


https://www.malaymail.com/news/malaysia/2024/05/23/four-foreigners-arrested-over-religious-slur-in-dominos-pizza-order-chit/136032