[SALAH] Penyambutan Paus Fransiskus Oleh Umat Muslim di Masjid Istiqlal

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya video yang tersebar di Facebook tersebut merupakan kegiatan keagamaan Islam yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Jagat ‘Arsy jauh sebelum kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/3PkG5 (arsip)

===========

[NARASI]:

Hanya ada di jaman Jokowi, masjid di jadikan sebagai ajang hiburan oleh jemaat gereja Kristen utk nyanyi nyanyi menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Masjid Istiqlal Jakarta. Rusaaaaak , Ancur amcuran. Kedatangan Paus Fransiskus bukan menghidupkan toleransi, tapi merusak akidah Islam . Lihat jemaat gereja Kristen dg pakaian sinterklas nyanyi nyanyi paduan suara di masjid ISTIQLAL Jakarta

===========

[PENJELASAN]: 

Disadur dari AFP.

Beredar sebuah video di Facebook yang mengklaim tentang penyambutan Paus Fransiskus di Masjid Istiqlal. Dalam video tersebut menampilkan sekelompok umat Islam di dalam Masjid Istiqlal menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan mengenakan pakaian yang dianggap mirip dengan atribut natal.

Namun dilansir dari AFP.com, Wakil Kepala Bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah Abdul Salam, mengatakan bahwa video tersebut “tidak ada hubungannya dengan kunjungan Bapa Suci Paus Fransiskus”.

Selain itu, tim periksa fakta AFP juga mendapatkan penjelasan dari Pesantren Jagat ‘Arsy sebagai pihak yang mengorganisir kegiatan tersebut, bahwa acara diadakan pada tanggal 31 Agustus 2024 sebagai bagian dari perayaan hari kemerdekaan,

Lebih lanjut, mereka menjelaskan jika kegiatan hari itu diisi dengan dzikir, sholat subuh, manaqib, ceramah agama, juga menyanyikan lagu kebangsaan. Para jemaah yang hadir menggunakan pakaian bertema warna merah dan putih sebagai “simbol kecintaan terhadap lambang negara”.

Sehingga dapat disimpulkan jika video yang tersebar di Facebook tersebut merupakan kegiatan keagamaan Islam yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Jagat ‘Arsy jauh sebelum kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia.

===========

 [REFERENSI] :

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.36FV4Q2