[SALAH] Ikan Berkepala Mirip Babi

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Berdasarkan dua situs pendeteksi AI menyebutkan hasil jika video yang menampilkan ikan berkepala babi tersebut adalah video yang dibuat dengan manipulasi AI.

===========

[KATEGORI]: Konten palsu

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/24Ul8 (arsip)

===========

[NARASI]:

pas mancing di kolam g sengaja liat babi dan ikan kalau di tempat kalian namanya apa.?

===========

[PENJELASAN]:

Ditemukan sebuah video yang diunggah di Tiktok menampilkan video seekor ikan yang memiliki kepala yang menyerupai hewan babi. Namun, jika diperhatikan video ikan tersebut memiliki gerakan yang sedikit tidak natural karena berenang di atas permukaan air.

Untuk memastikan kebenaran dari video tersebut, dilakukan pengecekan di situs Sightengine dan situs Hive Moderation. Pengecekan ini dilakukan untuk mengetahui apakah video tersebut dibuat dengan menggunakan AI atau tidak.

Berdasarkan situs Sightengine video tersebut mendapatkan persentase sebesar 99% dibuat menggunakan AI, sedangkan pada situs Hive Moderation menunjukan jika video tersebut juga memiliki persentase sebanyak 99% dibuat dengan AI.

Berdasarkan data tersebut maka disimpulkan jika video yang beredar mengenai penemuan ikan berkepala babi tersebut merupakan video yang dimanipulasi menggunakan AI.

===========

 [REFERENSI] :

https://sightengine.com/detect-ai-generated-images

https://hivemoderation.com/ai-generated-content-detection