[SALAH] Gibran Diduga Kuat Tak Berijazah SMA/SMK

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Tidaklah benar pernyataan yang mengatakan bahwa Gibran diduga tidak berijazah SMA/SMK. Kemendikbud sudah menjelaskan bahwa Gibran telah menempuh riwayat pendidikan yang setara dengan SMA di University of Technology Sydney (UTS) Insearch di Sydney, Australia pada tahun 2006. Serta memiliki gelar Bachelor of Science dari University of Bradford, Singapura.

====
[KATEGORI] Konten Menyesatkan

====
[SUMBER] Facebook
https://bit.ly/4exG7dd

====
[NARASI]
GIBRAN DIDUGA KUAT TAK BERIJAZAH SMA/SMK

====
[PENJELASAN]
Sebuah unggahan di Facebook menyatakan bahwa Gibran Rakabuming Raka selaku wakil presiden terpilih Indonesia tahun 2024 diduga tidak memiliki ijazah SMA/SMK. Dalam unggahan ini juga dikatakan bahwa surat keterangan Gibran yang dikeluarkan oleh Kemendikbud adalah kebohongan. Pernyataan ini diunggah oleh akun Facebook bernama Wisnu Hendrata pada 9 September 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, ternyata informasi ini tidaklah benar. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar dan Menengah pada tahun 2019 mengeluarkan surat bernomor 9149/D.DI/KS/2019. Surat tersebut menerangkan bahwa Gibran telah menyelesaikan kelas 12 di University of Technology Sydney (UTS) Insearch di Sydney, Australia pada tahun 2006.

Surat keterangan tersebut menyatakan Gibran memiliki pengetahuan setara tamat SMK Peminatan Akuntansi dan Keuangan di Indonesia. Surat keterangan ini diteken oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Sutanto pada 6 Agustus 2019.

Masih dilansir dari http://tempo.co, Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nizam juga memberikan keterangan bahwa Gibran sudah mengantongi gelar Bachelor of Science dari University of Bradford, Singapura. Selain itu, klaim seperti ini pernah dibahas dan dibantah oleh pemeriksa fakta Mafindo sebelumnya. Dengan demikian, tidaklah benar informasi yang menyatakan bahwa Gibran tidak memiliki ijazah SMA/SMK.

====
[REFERENSI]

https://tekno.tempo.co/amp/1798361/gaduh-soal-jenjang-pendidikan-gibran-rakabuming-kemendikbud-beri-penjelasan