[SALAH] Foto Menkominfo Budi Arie Bersujud Menyembah Jokowi

Artikel hasil periksa fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya, foto pria yang sedang bersujud di hadapan Jokowi bukanlah Menkominfo Budi Arie, melainkan Sulaiman, warga asal Bontang Kalimantan Timur. Kejadian ini berlangsung pada momentum open house Jokowi saat Hari Raya Idulfitri di Istana Negara, 2019 lalu. Selengkapnya di bagian penjelasan.

——————————————————-
KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN
——————————————————-
NARASI:
Budi Arie nyembah Raja Jawa. Baru kali ini terjadi, ada menteri nyembah presiden. Bukan hoax dan bukan editan. Clear.
Kok ada manusia sehina itu ya? Manusia menyembah manusia …
Dulu pak Noe’man alm, Arsitek masjid Salman, disuruh hormat ke arah Jepang dengan gaya Jepang saja ndak mau, padahal ketika itu Jepang sedang menjajah Indonesia tetapi pak Noe’man gak takut. Beliau gak takut karena aqidah/tauhidnya benar. Hanya ber-Tuhan Allah SWT :point_up:
Bagaimana pendapat Anda dengan perilaku ini? :sweat_smile:
Menjilat² Saja Sudah Cukup, Tetapi TIDAK Perlu Serendah itu JUGA laaaa :relaxed:
*) Budi Ari adalah Menkoinfo saat ini dan ketua Projo
Arsip: https://archive.md/BepZO


——————————————————-
PENJELASAN:
Sebuah akun facebook dengan nama Nurcahya Siregar mengunggah sebuah foto yang menampakkan seorang pria sedang bersujud di hadapan Presiden Jokowi. Pria yang bersujud itu diklaim sebagai Menkominfo Budi Arie.

Penelusuran fakta dilakukan dengan memindai gambar menggunakan fitur Google lens. Hasilnya, ditemukan beberapa berita dari media kredibel, salah satunya liputan6.com dengan berita berjudul “Seorang Warga Tiba-Tiba Sujud di Depan Jokowi Saat Open House di Istana.” Dalam berita yang diterbitkan pada 5 Juni 2019 itu, disebutkan bahwa seorang warga asal Bontang, Kalimantan Timur bernama Sulaiman tiba-tiba bersujud di depan Presiden Jokowi di tengah antre warga bersalaman ketika Open House Idulfitri di Istana Negara.

Sulaiman mengaku sengaja datang jauh-jauh ke Istana Negara untuk bertemu dengan Jokowi. Saking inginnya bertemu Jokowi, dia rela berjalan kali usai Salat Id dari Masjid Istiqlal menuju Istana.

Dengan demikian, klaim yang menyebut bahwa pria yang bersujud di depan Jokowi adalah Menkominfo Budi Arie, tidak benar.
——————————————————-
REFERENSI:


https://www.liputan6.com/news/read/3984064/seorang-warga-tiba-tiba-sujud-di-depan-jokowi-saat-open-house-di-istana