[SALAH] Artikel detikNews: Presiden Filipina Sebut Indonesia Banyak Teroris Saat Paus Fransiskus Berkunjung ke Indonesia

Periksa Fakta Lilik

Tangkapan layar artikel tersebut telah diedit pada bagian judulnya. Artikel asli milik DetikNews berjudul “Marcos Jr Janji Tak Akan Ada Lagi Lockdown Corona di Filipina” yang diunggah pada 25 Juli 2022.

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

=====

Sumber: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/VvRCD

=====

[NARASI]

=====

[PENJELASAN]
Sebuah akun Facebook “Alef Bet TV” mengunggah video reels yang berisi tangkapan layar dari artikel detikNews yang berjudul “Presiden Filipina: Ada Apa Dengan Indonesia, Begitu Banyak Teroris, Saat Bapak Paus Fransiskus Berkunjung Ke Indonesia”.

Setelah ditelusuri melalui Google Lens, tidak ditemukan artikel yang memuat judul tersebut. Gambar dan penulis pada artikel memiliki kesamaan persis dengan artikel detikNew yang berjudul “Marcos Jr Janji Tak Akan Ada Lagi Lockdown Corona di Filipina” yang diunggah pada 25 Juli 2022.

Jika dibandingkan dengan artikel aslinya, unggahan facebook tersebut telah mengubah judul dan menghilangkan tanggal unggahan serta gambar yang digunakan merupakan potongan dari video pada artikel aslinya.
Berdasarkan penjelasan diatas, klaim artikel detikNews dengan judul tersebut adalah hoaks dan masuk pada konten yang dimanipulasi.
=====

Referensi:
https://news.detik.com/internasional/d-6198165/marcos-jr-janji-tak-akan-ada-lagi-lockdown-corona-di-filipina