[SALAH] TERBUAT DARI BESI DENGAN KUALITAS LEMAH, GEDUNG ISTANA NEGARA KINI TELAH BERKARAT

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, gedung Istana Negara terbuat dari bilah baja dengan kualitas tinggi. Memiliki lapisan pelindung bernama patina, yang tampak seperti warna karat.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTEN/Konten Menyesatkan

=====
[SUMBER]: FACEBOOK
https://ghostarchive.org/archive/ex8OU

=====
[NARASI]:

“SEPI BAK KOTA HANTU
Siap HUT RI yang 79tahun dan habiskan dana 87M besi tua ini melemah dan BERKARAT”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan melalui media sosial Facebook, narasi yang mengklaim bahwa bangunan Gedung Istana Negara yang berada di Ibu Kota Negara (IKN) telah mengalami pengkaratan karena kualitas besi yang mulai melemah. Narasi yang diunggah oleh akun bernama Adi Darman ini berbunyi: “Siap HUT RI yang 79tahun dan habiskan dana 87M besi tua ini melemah dan BERKARAT.” Lalu apakah benar, bahwa bangunan Gedung Istana yang terdapat di IKN kini telah berkarat karena kualitas besi yang sudah melemah?

Berdasarkan hasil penelusuran mengenai narasi tersebut, ditemukan fakta yang menunjukkan bahwa klaim yang terdapat di dalam unggahan merupakan sebuah kekeliruan. Pasalnya, gedung yang terlihat berwarna cokelat pada gambar, tidak mengartikan bahwa gedung tersebut mengalami pengkaratan.

Gambar gedung yang terlihat di dalam unggahan, merupakan gambar yang sebenarnya telah banyak beredar di berbagai media massa dan media sosial. Juga, klaim yang menyatakan bahwa gedung tersebut tampak telah berkarat, merupakan komentar yang kini beredar luas di masyarakat.

Namun faktanya, Gedung Istana Negara ini diketahui dibentuk dari struktur baja tahan cuaca (weathering steel). Melansir dari artikel Kompas.com, struktur baja ini merupakan jenis baja berkekuatan tinggi dan secara kimia dirumuskan untuk mengembangkan lapisan oksida mirip karat yang melindungi permukaannya. Lapisan permukaan yang disebut patina ini memberikan perlindungan tingkat tinggi pada logam dari atmosfer, tanpa memerlukan lapisan tambahan.

Gambar besi berkarat yang terdapat di dalam unggahan juga dipastikan bukan bagian dari besi yang terdapat dari bangunan Gedung Istana Negara di IKN. Gambar besi berkarat tersebut berasal dari unggahan di media sosial Linkedin, oleh akun bernama Metallurgical Associates. Akun tersebut diketahui mengulas sebuah narasi dengan judul “Metallurgical Definition of the Day: Uniform Corrosion”.

Jadi dapat disimpulkan, narasi yang mengklaim bahwa gedung Istana Negara IKN kini telah berkarat karena terbuat dari besi dengan kualitas yang mulai melemah, merupakan klaim yang keliru. Narasi seperti ini dapat dikategorikan sebagai sebuah konten menyesatkan atau misleading content.

=====
[REFERENSI]:

https://ikn.kompas.com/read/2024/05/07/070000787/jelajah-kantor-presiden-di-ikn-berstruktur-baja-garuda-tahan-cuaca?page=all

https://www.merdeka.com/uang/anggaran-untuk-ikn-tahun-2025-cuma-rp1431-miliar-182037-mvk.html?page=3

https://www.linkedin.com/posts/metassoc_mai-metallurgicalengineering-metallurgy-activity-7135251016924483584-Xsyc?utm_source=share&utm_medium=member_android

=====

https://www.facebook.com/groups/indonesiabersuara2021/permalink/4090348364526266/?mibextid=rS40aB7S9Ucbxw6v