[SALAH] Jokowi Menjual Pulau di Indonesia

Hasil periksa fakta Panji

Tidak ada pembahasan spesifik tentang penjualan pulau yang dilakukan oleh Presiden, isi video hanya menjelaskan tentang legalisasi ekspor pasir laut yang berpotensi akan mengecilkan wilayah daratan di Indonesia.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Youtube https://ghostarchive.org/varchive/g5Hq6f9V72o (arsip)

===========

[NARASI]:

Berita terbaru!! Terungkap jokowi jual pulau ke negara asing.

===========

[PENJELASAN]: 

Sebuah unggahan di Youtube menyebarkan sebuah klaim jika Presiden Joko Widodo ketahuan menjual sebuah pulau milik Indonesia ke negara asing.

Akan tetapi saat disimak isi video tersebut tidak memberikan penjelasan sesuai klaim pada judul. Isi video tersebut membahas tentang keputusan Presiden Jokowi untuk kembali melegalkan ekspor pasir laut setelah 20 tahun ilegal.

Dilansir dari Tempo, terkait hal ini Manajer Kampanye Pesisir Laut dan Pulau Kecil Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), Parid Ridwanuddin, memberikan pernyataan jika penambangan pasir laut akan menyebabkan daratan Indonesia semakin mengecil.

Dengan demikian tidak ada pembahasan spesifik tentang penjualan pulau yang dilakukan oleh Presiden, isi video hanya menjelaskan tentang legalisasi ekspor pasir laut yang berpotensi membuat wilayah daratan di Indonesia mengecil.

===========

 [REFERENSI] :

https://bisnis.tempo.co/read/1916548/jokowi-buka-ekspor-pasir-laut-setelah-20-tahun-dilarang-walhi-kedaulatan-indonesia-sedang-dijual