[SALAH] HASIL TANGKAPAN LAYAR ARTIKEL BERJUDUL: “Presiden Israel: Jika Terus Ikut Campur, Kami Berjanji Akan Buat Indonesia Seperti Palestina”

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, hasil tangkapan layar artikel dengan judul demikian tidak pernah ada dan telah terbukti hasil editan.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MANIPULATED CONTENT/Konten yang Dimanipulasi  

=====
[SUMBER]: TIKTOK
https://ghostarchive.org/archive/hPeP5

=====
[NARASI]:

“Presiden Israel: Jika Terus Ikut Campur, Kami Berjanji Akan Buat Indonesia Seperti Palestina

Beginilah jadinya jika kita selalu ikut campur masalah yang bukan masalah kita
kita tidak perlu pusing dengan mereka yg ada di luar sana , karena negara kita saja dalam tidak baik2 saja jadi kita fokus di dalam negeri kita saja soalnya negara ini bukan milik keluarga pribadi”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan melalui media sosial Tiktok, hasil tangkapan layar artikel yang berjudul, “Presiden Israel: Bila Terus Ikut Campur, Kami Berjanji Akan Buat Indonesia Seperti Palestina”. Akun bernama @gusti.barens, mengunggah gambar ini pada 6 September 2024, dan telah mendapat atensi dari ribuan pengguna Tiktok lainnya. Lalu apakah benar terdapat artikel dengan judul seperti demikian?

Setelah melakukan penelusuran terkait dengan hasil tangkapan layar yang beredar tersebut, ditemukan fakta yang menunjukkan bahwa hasil tangkapan layar artikel tersebut merupakan hasil editan dan merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Melansir dari artikel periksa fakta liputan6.com, unggahan hasil tangkapan layar artikel dengan judul demikian pernah beredar sejak tahun 2020 lalu. Namun, melalui penelusuran yang lebih lanjut, tidak ditemukan artikel yang merujuk pada informasi mengenai Israel yang mengancam Indonesia bahwa akan mengalami hal yang sama dengan Palestina.

Masih dari ulasan artikel liputan6.com, disebutkan bahwa akun Youtube bernama GANKPRO GAMING, pernah mengunggah video dengan judul yang serupa. Walaupun video tersebut sudah tidak tersedia, melansir dari ulasan artikel liputan6.com, isi dari video tersebut menyebutkan bahwa isu Israel akan melakukan penyerangan kepada Indonesia pada saat itu disebabkan oleh aksi peretasan situs-situs Israel yang dilakukan oleh orang hacker Indonesia. Disebutkan bahwa hacker Indonesia menyerang situs-situs Israel sebagai bentuk solidaritas atas peristiwa invasi Kawasan Jalur Gaza, Palestina, yang dikuasai Hamas.

Di dalam unggahan video tersebut, dicantumkan pula tautan yang mengarah pada artikel milik Merdeka.com yang berjudul, “Diserang hacker Indonesia, israel ancam lakukan balasan”. Disebutkan bahwa otoritas keamanan internet Indonesia (Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure/IDSIRTI) mengabarkan ada pemberitahuan dari otoritas internet Israel, bahwa mereka akan melakukan serangan balasan terhadap DNS server Indonesia.

Jadi dapat disimpulkan, hasil tangkapan layar artikel dengan judul, “Presiden Israel: Bila Terus Ikut Campur, Kami Berjanji Akan Buat Indonesia Seperti Palestina”, merupakan unggahan yang salah dan termasuk ke dalam manipulated content atau konten yang dimanipulasi.

=====
[REFERENSI]:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4312492/cek-fakta-tidak-benar-pernyataan-presiden-israel-ancam-membuat-ri-seperti-palestina-jika-terus-ikut-campur

=====

https://vt.tiktok.com/ZS2fqj67x