[SALAH] HASIL TANGKAPAN LAYAR ARTIKEL BERJUDUL. “Presiden Amerika Joe Biden: Boleh Hina Agama Kami, Tapi Jangan Sampai Melukai Bapa Paus Fransiskus, Dan Sekali Dia Terluka Di Tempat Itu, Maka Akan Kami Ratakan Tempat Dimana Dia Terluka”

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, artikel tersebut merupakan hasil editan dari artikel asli milik media Sindonews berjudul, “Biodata dan Agama Joe Biden, Presiden AS yang Menyebut Putin sebagai Tukang Jagal”.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MANIPULATED CONTENT/Konten Dimanipulasi

=====
[SUMBER]: TIKTOK
https://ghostarchive.org/archive/godK5

=====
[NARASI]:

“Presiden Amerika Joe Biden: Boleh Hina Agama Kami, Tapi Jangan Sampai Melukai Bapa Paus Fransiskus, Dan Sekali Dia Terluka Di Tempat Itu, Maka Akan Kami Ratakan Tempat Dimana Dia Terluka”.

=====
[PENJELASAN]:

Beredar melalui media sosial Tiktok, hasil tangkapan layar sebuah artikel yang berjudul “Presiden Amerika Joe Biden: Boleh Hina Agama Kami, Tapi Jangan Sampai Melukai Bapa Paus Fransiskus, Dan Sekali Dia Terluka Di Tempat Itu, Maka Akan Kami Ratakan Tempat Dimana Dia Terluka”. Unggahan akun bernama @leey_1077 kemudian mendapat ribuan tanggapan dan like dari pengguna media sosial Tiktok lainnya. Namun, apakah benar terdapat artikel dengan judul seperti yang diunggah oleh akun Tiktok tersebut.

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut mengenai hasil tangkapan layar artikel tersebut, ditemukan fakta bahwa unggahan pada akun Tiktok tersebut merupakan hasil editan. Pasalnya, setelah ditelusuri menggunakan tools Google Search Image, ditemukan artikel dengan tampilan dan nama penulis yang mirip dengan hasil tangkapan layar di unggahan Tiktok tersebut.

Artikel tersebut berasal dari media Sindonews, yang diunggah pada 22 Maret 2022, pukul 23.09 WIB dengan nama penulis, Lutfan Faizi. Keterangan mengenai nama penulis dan waktu penerbitan artikel, mirip dengan yang diunggah oleh akun Tiktok tersebut.

Namun, sebuah perbedaan terletak pada judul artikelnya. Di dalam artikel milik Sindonews, artikel tersebut memiliki judul, “Biodata dan Agama Joe Biden, Presiden AS yang Menyebut Putin sebagai Tukang Jagal”.

Jadi dapat disimpulkan, hasil tangkapan layar artikel berjudul, “Presiden Amerika Joe Biden: Boleh Hina Agama Kami, Tapi Jangan Sampai Melukai Bapa Paus Fransiskus, Dan Sekali Dia Terluka Di Tempat Itu, Maka Akan Kami Ratakan Tempat Dimana Dia Terluka”, merupakan hasil editan. Unggahan ini dapat dikategorikan sebagai manipulated content atau konten yang dimanipulasi.

=====
[REFERENSI]:

https://international.sindonews.com/read/726499/42/biodata-dan-agama-joe-biden-presiden-as-yang-menyebut-putin-sebagai-tukang-jagal-1648483402

=====

https://vt.tiktok.com/ZS2fCu2wY