[SALAH] Artikel Nias Pro News berjudul “Perdana menteri Slowakia : Robert Fico, Menolak Agama Islam sebagai Agama Negaranya, kok bisa? Demo yuk !!”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah

Postingan Tik Tok yang artikel dengan judul “Perdana menteri Slowakia : Robert Fico, Menolak Agama Islam sebagai Agama Negaranya, kok bisa? Demo yuk !!” merupakan hal yang tidak benar. Faktanya, tidak ditemukan artikel dengan judul tersebut dan tidak ditemukan pula alamat website Nias Pro News.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: konten palsu

= = = = =

SUMBER: Tik Tok
https://archive.cob.web.id/archive/1725452733.938854/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“Perdana menteri Slowakia : Robert Fico, Menolak Agama Islam sebagai Agama Negaranya, kok bisa? Demo yuk !!”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Tik Tok doroate memposting sebuah video berdurasi 22 detik yang menampilkan sebuah tangkapan layar artikel dengan judul “Perdana menteri Slowakia : Robert Fico, Menolak Agama Islam sebagai Agama Negaranya, kok bisa? Demo yuk !!”. Jika dilihat dalam gambar artikel yang diunggah pada Rabu 13 Juni 2024 pukul 04.21 WIB dimuat oleh Nias Pro News.

Setelah ditelusuri menggunakan mesin pencari Google dengan kata kunci judul pada artikel tersebut hasilnya tidak ditemukan artikel dengan judul tersebut. Mengenai Nias Pro News, melansir dari Tempo.co saat Tim Cek FaktaTempo melakukan penelusuran mengenai nama media tersebut melalui domain seperti niaspronews.com, niaspronews.id, dan niaspronews.co namun tidak ditemukan domain tersebut. Begitu pula saat di cek melalui mesin pencari Google. Selain itu saat melakukan pencarian melalui Tik Tok juga tidak ditemukan nama media Nias Pro News seperti dalam postingan.

Hoaks yang menggunakan nama penerbit artikel Nias Pro News juga pernah digunakan untuk membuat hoaks. Hoaks tersebut sudah diperiksa faktanya dan ditayangkan artikel periksa faktanya di turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Netanyahu Mengatakan Bahwa 80% SDM Indonesia Rendah”.

Dengan demikian postingan Tik Tok yang artikel dengan judul “Perdana menteri Slowakia : Robert Fico, Menolak Agama Islam sebagai Agama Negaranya, kok bisa? Demo yuk !!” merupakan hal yang tidak benar. Tidak ditemukan artikel dengan judul tersebut dan tidak ditemukan pula alamat website Nias Pro News, sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten palsu.

REFERENSI:

https://cekfakta.tempo.co/amp/3103/keliru-konten-berisi-klaim-netanyahu-sebut-80-persen-sdm-indonesia-rendah