[BELUM TERBUKTI] DAFTAR NAMA PEJABAT YANG AKAN MENGISI POSISI MENTERI DAN KEPALA PADA KABINET PRABOWO-GIBRAN. MENTERI BUMN DIGANTI MENJADI KEPALA BUMN

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, mengenai daftar nama yang beredar tersebut tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Tidak ditemukan konfirmasi dari pihak-pihak terkait yang dapat membenarkan atau membantah daftar nama yang beredar tersebut. Selaras dengan itu, pergantian nama Menteri BUMN menjadi Kepala BUMN belum dapat dibuktikan kebenarannya.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====
[SUMBER]: X
https://ghostarchive.org/archive/S4iTR

{“remix_data”:[],”remix_entry_point”:”challenges”,”source_tags”:[“local”],”origin”:”unknown”,”total_draw_time”:0,”total_draw_actions”:0,”layers_used”:0,”brushes_used”:0,”photos_added”:0,”total_editor_actions”:{},”tools_used”:{},”is_sticker”:false,”edited_since_last_sticker_save”:false,”containsFTESticker”:false}

=====
[NARASI]:

“Sepertinya di kabinet Prabowo kementerian BUMN gak ada ya ? Kog yg ada Kepala Badan Usaha Milik Negara ? Terus nasib komisariat2 giveaway itu amankah ?”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan melalui media sosial X, dari akun bernama @OniMeniq74. Akun ini diketahui mengunggah sebuah narasi yang menyatakan bahwa nantinya, di dalam kabinet Presiden Terpilih, Prabowo Subianto, tidak akan ada Kementerian BUMN. hal tersebut disampaikan dengan merujuk pada gambar yang turut dilampirkan di dalam unggahan tersebut. Gambar tersebut berisi nama-nama beberapa pejabat yang disebut akan mengisi sejumlah kementerian dan lembaga-lembaga di Indonesia. Di dalam gambar tersebut, terlihat tidak ada sebutan untuk Kementerian BUMN atau Menteri BUMN. Namun tampaknya diganti dengan sebutan Kepala Badan Usaha Milik Negara.

Lalu, apakah benar, bahwa di dalam kabinet Presiden Terpilih, Prabowo Subianto, tidak akan ada Kementerian BUMN/Menteri BUMN?

Setelah melakukan penelusuran terkait dengan narasi serta gambar yang terdapat di dalam unggahan tersebut, ditemukan informasi yang menunjukkan bahwa unggahan tersebut merupakan bentuk klaim yang tidak dapat divalidasi kebenarannya. Melansir dari artikel antaranews.com, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani, menyebut bahwa dirinya tidak dapat membenarkan ataupun membantah susunan kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang beredar di media sosial. Hal ini disebutnya sebagai hak prerogatif dari Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, selaku presiden terpilih. Muzani mengaku belum mengetahui siapa saja figur yang akan masuk dalam kabinet Prabowo-Gibran.

Dalam artikel milik detiknews.com, Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, juga menyebutkan bahwa dirinya tidak dapat memberikan keterangan mengenai nama-nama yang beredar di media sosial tersebut. Walaupun di dalam daftar nama tersebut, Dasco disebut akan menjabat sebagai sekretaris kabinet.

“Ya namanya juga banyak sekali sekarang ini di medsos berseliweran nama-nama menteri. Dan ini kita anggap aja sebagai sebuah dinamika dan aspirasi. Dan oleh karena itu kami tidak mau mengomentari apalagi kemudian menyampaikan nomenklatur kementerian, atau sudah sejauh mana, karena soal kementerian itu adalah hak prerogatif daripada Bapak Presiden Terpilih, Pak Prabowo Subianto,” kata Dasco.

Kemudian perihal sebutan Menteri BUMN yang diganti menjadi Kepala Badan Usaha Milik Negara, juga tidak dapat ditemukan informasi yang dapat membuktikan kebenaran klaim tersebut. Sampai saat ini, BUMN masih berstatus sebagai sebuah lembaga kementerian yang membidangi urusan pembinaan badan usaha milik negara, yang dipimpin oleh pejabat yang disebut sebagai Menteri BUMN.

Jadi dapat disimpulkan, unggahan yang berisi gambar daftar nama pejabat yang akan mengisi kabinet Presiden Terpilih, Prabowo Subianto, serta klaim yang menyebutkan bahwa badan usaha milik negara tidak akan dipimpin oleh menteri melainkan Kepala Badan Usaha Milik Negara, merupakan klaim yang keliru dan tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Unggahan seperti ini dapat dikategorikan sebagai unggahan yang menyesatkan atau misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://news.detik.com/berita/d-7517098/susunan-menteri-kabinet-prabowo-beredar-lagi-gerindra-anggap-aspirasi

https://makassar.antaranews.com/berita/556467/partai-gerindra-menjawab-soal-susunan-kabinet-prabowo-gibran-beredar-di-medsos

https://www.bumn.go.id/profil/erabarukami/pimpinan

=====