[SALAH] TNI Memberi Komando kepada 33 Provinsi untuk Kudeta Jokowi

Hasil periksa fakta Panji

Video hanya menjelaskan tentang permasalahan isu dinasti politik di periode ke 2 Jokowi,  isi video juga tidak membuktikan tentang benar adanya kudeta yang dipimpin TNI.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Youtube https://www.youtube.com/watch?v=mipiZ_tpVA0 (arsip)

===========

[NARASI]:

DI BAWAH KOMANDO TNI MASSA DARI 33 PROVINSI BERHASIL GULINGKAN JOKOWI HARI INI

===========

[PENJELASAN]: 

Sebuah unggahan di Youtube menyebarkan sebuah klaim pada gambar thumbnail jika 33 provinsi di Indonesia di bawah komando TNI akan melakukan kudeta kepada Presiden Joko Widodo.

Akan tetapi saat disimak isi video tersebut memiliki pembahasan yang sangat berbeda dari klaim pada judul. Isi video hanya membahas sebuah artikel berjudul “Jokowi Ingin Tetap Jadi Pemain Utama, Gunakan Politik Oligarki & Dinasti!” yang diunggah pada 7 Januari 2024.

Pada artikel ini, pembahasannya berpusat mengenai isu dinasti politik yang muncul di periode kedua Presiden Jokowi terutama di masa-masa menjelang Pemilu 2014. Meski demikian, tidak ada pembahasan yang menyebut jika 33 provinsi Indonesia siap gulingkan Jokowi atas komando dari TNI.

Thumbnail yang digunakan juga diambil dari artikel Kompas berjudul “Fakta Terkini Bentrokan Demo Mahasiswa, Rusak Mobil Polisi hingga Robohkan Pagar”, yang menyoroti tentang demo mahasiswa di DPRD Malang tahun 2019 lalu, hal tidak ada kaitannya dengan klaim pada judul.

===========

 [REFERENSI] :

https://kbanews.com/senggang/jokowi-ingin-tetap-jadi-pemain-utama-gunakan-politik-oligarki-dinasti

https://regional.kompas.com/read/2019/09/24/17100031/fakta-terkini-bentrokan-demo-mahasiswa-rusak-mobil-polisi-hingga-robohkan?page=all