[SALAH] PPATK BUKTIKAN ALIRAN DANA KAESANG

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Informasi menyesatkan. Tidak ditemukan pemberitaan terkait PPATK buktikan aliran dana Kaesang. Video tersebut hanya menampilkan cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang ditambahi dengan narasi menyesatkan dan thumbnail yang dimanipulasi.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1726064171.293923/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
Berita Terkini – KPK KELABAKAN,BENARKAH PPATK SIAP BERIKAN BUKTI JET KAESANG ?

BREAKING NEWS
PARAH KPK KELABAKAN!
PPATK BUKTIKAN ALIRAN DANA KAESANG

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama INFO RAKYAT bernarasikan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) buktikan aliran dana Kaesang Pangarep. Video ini tayang pada 4 September 2024.

Setelah ditelusuri, gambar thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi dari gabungan beberapa gambar berbeda. Beberapa cuplikan video yang ditampilkan juga tidak mendukung klaim narasi.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari tribunnews.com berjudul “PSI Sebut Kaesang Sudah Berada di Jakarta Sejak 28 Agustus, Sempat Pimpin Rapat Persiapan Pilkada”. Artikel ini membahas tentang Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni mengatakan bahwa Ketum PSI Kaesang Pangarep saat ini sudah berada di Jakarta dan sempat memimpin rapat koordinasi finalisasi dukungan Pilkada.

Selain itu narator juga membacakan artikel dari tempo.co dengan judul “Sekjen PSI Sebut Kaesang Sudah Pulang dari Amerika dan Ada di Jakarta”. Dalam artikel ini juga membahas terkait Sekretaris Jenderal PSI yang mengatakan Ketua Umum Kaesang Pangarep sudah berada di Jakarta sejak 28 Agustus 2024 lalu setelah pulang dari Amerika Serikat.

Berdasarkan penjelasan di atas, narasi dengan klaim PPATK buktikan aliran dana Kaesang tidak terbukti dan teramasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.tribunnews.com/nasional/2024/09/04/psi-sebut-kaesang-sudah-berada-di-jakarta-sejak-28-agustus-sempat-pimpin-rapat-persiapan-pilkada

https://nasional.tempo.co/read/1912080/sekjen-psi-sebut-kaesang-sudah-pulang-dari-amerika-dan-ada-di-jakarta