[SALAH] Banjir Bak Tsunami Sapu Kota Bandung

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Pernyataan di atas tidaklah benar. Banjir yang melanda Kota Bandung tidak mirip tsunami seperti yang diklaim. Narator dalam video hanya membacakan berita dari laman Pikiran Rakyat tentang Banjir di Kota Bandung akibat hujan semalaman sehingga menyebabkan macet.

====
[KATEGORI] Konten dimanipulasi

====
[SUMBER] Youtube
https://arsip.cekfakta.com/archive/1726546001.870569/index.html

====
[NARASI]
Bandung Jawa Barat Berduka !! Banjir Mirip Tsunami Sapu Kota 11-9-2024

====
[PENJELASAN]
Beredar unggahan di Youtube yang mengatakan bahwa terjadi peristiwa banjir mirip tsunami menyapu Kota Bandung, Jawa Barat pada 11 September 2024. Video ini diunggah oleh akun Youtube Pasang Mata Pasang Telinga.

Setelah melihat video secara keseluruhan ternyata banjir yang melanda Bandung tidaklah mirip tsunami seperti yang diklaim. Narator dalam video hanya membacakan sebuah artikel yang berisi tentang banjir melanda Dayeuhkolot hingga Bojongsoang imbas dari hujan semalaman.

Pemeriksa mencoba mencari artikel terkait dan menemukan di laman Pikiran Rakyat. Dalam artikel ini dijelaskan bahwa banjir merendam sejumlah wilayah di Bandung dari 10 September hingga 11 September 2024 dikarenakan meluapnya Sungai Citarum. Banjir yang terjadi menyebabkan kemacetan hingga 2 kilometer di wilayah tersebut.

Dengan demikian, tidaklah benar banjir di Bandung mirip tsunami dan menyapu kota.

====
[REFERENSI]
https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/pr-018549043/dayeuhkolot-hingga-bojongsoang-banjir-imbas-hujan-semalaman-macet-hingga-2-kilometer?page=all