[SALAH] Video Khofifah Mempromosikan Obat Radang Sendi

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang menyesatkan, faktanya video Khofifah mempromosikan obat radang sendi itu hasil rekayasa menggunakan generated-AI audio.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1725526357.008031/index.html

=====

[NARASI]: Sekarang ada banyak hoax di Internet, tapi yang saya bicarakan adalah satu-satunya obat yang mengembalikan keremajaan dan elastisitas sendi pada tingkat molekuler.Dia menyelamatkan hidupku dan menyembuhkan kakiku. Saya benar-benar ingin Anda mulai hidup tanpa rasa sakit, cobalah pengobatan ini dan selamatkan diri Anda!

=====

[PENJELASAN]:
Artikel disadur dari Tempo
Sebuah akun media sosial Facebook dengan nama pengguna Photoshop Procesa mengunggah video berdurasi 29 detik dengan narasi Khofifah mempromosikan obat radang sendi.

Melansir dari Tempo.co potongan video Khofifah tersebut mirip dengan video pada kanal Youtube milik Akbar Faizal Uncensored dengan judul video “JAWA TIMUR PENENTU KEMENANGAN. KHOFIFAH JAMIN PRABOWO-GIBRAN MENANG MUTLAK”.

Selain itu video Khofifah mempromosikan obat radang sendi itu adalah hasil rekayasa menggunakan AI terlihat dari gerakan mulut dan audio yang diedit menggunakan generated-AI audio.

Dengan demikian klaim tentang Khofifah mempromosikan obat radang sendi adalah keliru dan masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://www.youtube.com/watch?v=qQtvHNxTaJI
https://cekfakta.tempo.co/fakta/3107/keliru-video-khofifah-mempromosikan-obat-radang-sendi