[SALAH] Prabowo Tangkap Kaesang & Bobby Akibat Kasus Korupsi

Periksa Fakta Sukma

Faktanya, hingga saat ini tidak ditemukan informasi mengenai Prabowo yang menangkap Kaesang Pangarep serta Bobby Nasution terkait kasus korupsi.

=====

[KATEGORI]: Konten Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: Youtube (https://ghostarchive.org/varchive/18NSq5rC7YM)

=====

[NARASI]
PRABOWO TANGKAP KAESANG & BOBY ( KORUPTOR )?
=====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun youtube dengan nama Pilihan Rakyat (https://www.youtube.com/@PILAR_2297) mengunggah sebuah video dengan klaim Prabowo Subianto menangkap Kaesang Pangarep dan Bobby Nasution dikarenakan terlibat dalam kasus korupsi gratifikasi pesawat jet.

Namun, setelah disimak lebih lanjut. Ditemukan ketidaksesuaian antara klaim yang dituliskan pada judul dengan narasi serta potongan video yang digunakan dalam video berdurasi 11 menit tersebut. Hal tersebut dikarenakan, potongan video yang digunakan hanya berisikan tanggapan dari berbagai pihak terkait adanya kasus gratifikasi yang dilakukan oleh Kaesang Pangarep tanpa sedikitpun membahas mengenai Prabowo. Contohnya seperti pada menit 4:30 di mana video tersebut merupakan potongan youtube shorts milik @TribunMedanTV yang sedang mewawancarai perwakilan KPK mengenai pelimpahan kasus Kaesang kepada Direktorat Pernerimaan Layanan Pengaduan Masyarakat (PLPM).

Dilansir dari liputan6.com, hingga saat ini permasalahan gratifikasi jet pribadi baik Kaesang maupun Bobby masih terus diusut KPK melalui Direktorat PLPM dan belum mendapatkan keputusan akhir. Sehingga, klaim Prabowo menangkap Kesang dan Bobby atas persoalan korupsi tidaklah benar.

=====

Referensi:
https://www.youtube.com/shorts/7dbQaRkcrB4
https://www.liputan6.com/news/read/5699306/kpk-persilakan-kaesang-dan-bobby-nasution-lampirkan-bukti-jika-pesawat-jet-bukan-gratifikasi?page=3