[SALAH] Penggerebekan WNA China terduga jaringan Narkoba Internasional di PIK

Hasil pemeriksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang menyesatkan, faktanya informasi tersebut merupakan Hoax Lama Bersemi Kembali (HLBK). Nyatanya, Pada penggerebekan tersebut, polisi mengamankan 63 warga negara Taiwan dan seorang warga negara Indonesia yang terjadi pada 9 Maret 2017.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: TWITTER/X 

https://archive.cob.web.id/archive/1725421447.990591/index.html

=====

[NARASI]: Is this true?
Penggrebekan Jaringan NARKOBA Internasional di PIK
Disita Uang Tunai 1,3 T62 Pelaku WNA CINA
1 TON SABU500 Ribu Butir pil Ekstasi

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Twitter/X dengan nama akun “negeri_kocak” pada tanggal 3 September 2024 yang mengunggah video dengan narasi penggerebekan WNA China terduga jaringan narkoba Internasional di PIK.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut berulang kali muncul pada bulan Maret 2017 , pemeriksa fakta Mafindo telah membuat artikel klarifikasi pada laman Turnbackhoax.id dengan judul artikel “(DISINFORMASI) Penggerebekan WN China/Taiwan”.

Melansir dari liputan6.com penggrebekan tersebut merupakan penggrebekan cyber crime atau kejahatan siber asal Taiwan. Dalam penggerebekan itu, polisi mengamankan 63 WN Taiwan dan 1 WNI.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, penggerebekan pada Kamis siang dilakukan di tujuh lokasi di Jakarta. Target kejahatan sindikat ini adalah warga Taiwan dan China.
“Para sindikat ini awalnya mendapatkan data-data nasabah bank di China dan Taiwan. Mereka kemudian menghubungi para target dengan menyamar seolah-olah dari instansi penegak hukum di Taiwan,” ujar Argo di Jakarta, Kamis (9/3/2017).

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyebutkan bahwa  penggerebekan WNA China terduga jaringan narkoba Internasional di PIK adalah keliru dan msuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://turnbackhoax.id/2017/03/14/disinformasi-penggerebekan-wn-china-taiwan/?action=genpdf&id=7418
https://www.liputan6.com/news/read/2881118/polda-metro-gerebek-sarang-sindikat-kejahatan-siber-asal-taiwan