[SALAH] Jogja Jebol Besar!! Gempa Luar Biasa Sapu Bersih Gunung Kidul, Gempa Yogyakarta

Hasil periksa fakta Syifa Ainun.

Klaim yang menyatakan bahwa Jogja jebol akibat gempa luar biasa yang menyebabkan Gunungkidul tersapu bersih adalah salah. Salah satu sumber video yang digunakan sebagai manipulasi video pratinjau adalah gempa yang terjadi di Hualien, Taipei pada 3 April 2024.

===========
[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========
[SUMBER]: YOUTUBE https://arsip.cekfakta.com/archive/1726274493.477239/index.html

===========
[NARASI]:
JOGJA JEBOL BESAR!! GEMPA LUAR BIASA SAPU BERSIH GUNUNGKIDUL, GEMPA YOGYAKARTA

===========
[PENJELASAN]:
Pada 13 September 2024, sebuah channel YouTube mengunggah video yang memberi klaim bahwa Jogja jebol akibat gempa luar biasa yang menyebabkan Gunungkidul tersapu bersih.

Berdasarkan penelusuran, cuplikan video yang ada pada unggahan tersebut tidak saling berkaitan. Salah satu sumber yang digunakan sebagai manipulasi video pratinjau adalah gempa yang terjadi di Hualien, Taipei pada 3 April 2024.

Dilansir dari web CNN, gempa yang terjadi di Hualien memiliki kekuatan sebesar 7.4 SR yang mana gempa tersebut masuk dalam kategori gempa terkuat dalam kurun waktu 25 tahun. Setidaknya sembilan orang tewas setelah adanya gempa tersebut. Berdasarkan pernyataan tersebut klaim yang menyatakan bahwa Jogja jebol akibat gempa luar biasa yang sapu Gunungkidul adalah salah dan termasuk dalam konten yang dimanipulasi.

===========
[REFERENSI] :
https://x.com/EarthCam/status/1775537025191493943

https://edition.cnn.com/asia/live-news/taiwan-earthquake-hualien-tsunami-warning-hnk-intl/index.html