[SALAH] “Wapres stres narcoBoi #GibranJujurlah #FufufafaAdalahGibran”

MENYESATKAN, BUKAN karena stres atau mengonsumsi Narkoba. FAKTA: ekspresi Gibran di video yang dibagikan adalah karena melihat Tawon atau Lebah, peristiwa terjadi di wawancara setelah acara pertemuan dengan TGB (Tuan Guru Bajang) pada 22 Feb 2023 lalu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: X/Twitter, https://archive.ph/Ccrzf (arsip cadangan) membagikan dari Instagram, https://archive.ph/IGbQk (arsip cadangan).

NARASI: * “Mimpi apa bangsa Indonesia bisa dapet Wapres yang stres kayak begini :sob:
#GibranJujurlah
#FufufafaAdalahGibran” (di post).

* “narcoBoi” (di video).

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”. [1]

SUMBER membagikan video yang berisi tambahan klaim yang TIDAK sesuai dengan fakta yang menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: BUKAN karena stres atau mengonsumsi Narkoba.

Ekspresi Gibran di video yang dibagikan adalah karena melihat Tawon atau Lebah, peristiwa terjadi di wawancara setelah acara pertemuan dengan TGB (Tuan Guru Bajang) pada 22 Feb 2023 lalu.

Verifikasi Video

Sumber video seusai dengan tanda air (water mark) di video, Daerah Solo pada 22 Feb 2023: “Ekspresi Gibran Ketakutan Lihat Tawon Terbang Depan Mukanya”. [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Salah satu sumber video lainnya, Tribun Pekanbaru Official pada 23 Fe 2023: “Momen unik terjadi saat Wali Kota Solo bertemu dengan Ketua Harian DPP Partai Perindo Tuan Guru Bajang Muhammad Zainul Majdi (TGB). Sebuah tawon lewat depan mereka. Ekspresi Gibran pun menjadi sorotan. …” [3]

Hasil pencarian Google Videos, kata kunci: “gibran tgb lebah”. [4]

Berkaitan dengan tuduhan Gibran mengonsumsi Narkoba, turnbackhoax.id pada 13 Sep 2024: “MENYESATKAN, TIDAK berkaitan dengan Gibran dan BUKAN rekaman video peristiwa saat ini (2024). FAKTA: selain karena di waktu dan tempat yang dituduhkan Gibran sedang berada di KPU Jawa Tengah di Semarang, BUKAN di PIK (Pantai Indah Kapuk) di Jakarta, video yang disebarkan identik dengan yang sudah pernah dibagikan sebelumnya pada TAHUN 2018 LALU oleh kanal “Gilang RS Channel” di YouTube.” [5]

REFERENSI

[1] https://firstdraftnews-org.translate.goog/long-form-article/understanding-information-disorder/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=en-US&_x_tr_pto=nui / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] https://youtu.be/g20IIt1gxe0?t=213 / https://archive.ph/oW3Jy (arsip cadangan).

[3] https://youtu.be/lwG32H8Avlk?t=20 / https://archive.ph/Jr1WS (arsip cadangan).

[4] https://www.google.com/search?q=gibran+tgb+lebah&tbm=vid / https://ghostarchive.org/archive/TFbq2 (arsip cadangan).

[5] https://turnbackhoax.id/2024/09/13/salah-gibran-nyabu-sama-bandar-tapi-disembunyikan-batalkangibrandilantik/ / https://archive.ph/PP8gO (arsip cadangan).

[6] https://www-merriam–webster-com.translate.goog/dictionary/narco?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=en&_x_tr_pto=wapp (Google Translate) / https://archive.ph/DJhZw (arsip cadangan).

CATATAN

Berdasarkan definisi oleh Merriam-Webster, “Narco” adalah sebutan gaul yang artinya berkaitan dengan Narkoba [6].