[SALAH] Video Pekerja Hotel Menahan Pintu Akibat Topan Yagi

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konteks yang salah. Video tersebut terjadi di Kota Shanzen, Tiongkok Agustus lalu, bukan akibat topan Yogi di Vietnam September ini.

=====

KATEGORI: KONTEKS YANG SALAH

=====

Sumber: Instagram
https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/09/pegawai-hotel-tahan-pintu-di-vietnam-akibat-topan-yagi.pdf

=====

Narasi:
“Pekerja hotel di Vietnam terlihat berusaha keras menahan pintu agar tidak terbuka diterjang badai. Vietnam mengalami cuaca ekstrem Topan Yagi, tercatat sebagai topan terkuat yang melanda Vietnam dalam beberapa dekade ketika mencapai daratan pada hari Sabtu dengan kecepatan angin mencapai 149 kilometer per jam (92 mph). Hujan melemah menjadi depresi tropis pada hari Minggu, namun badan meteorologi negara tersebut masih memperingatkan bahwa hujan yang terus turun dapat menyebabkan banjir dan tanah longsor”.

=====

Penjelasan:
Akun Instagram @otaklite mengunggah video yang menunjukkan beberapa pekerja di lobi hotel berusaha menahan pintu akibat terjangan badai yang besar di luar hotel. Pada kolom keterangan video, @otaklite mengklaim video itu adalah pekerja hotel di Vietnam yang terlihat berusaha keras menahan pintu agar tidak terbuka diterjang badai. Setelah itu dilanjutkan dengan penjelasan mengenai Topan Yagi yang tercatat sebagai topan terkuat di Vietnam. Postingan tersebut telah mendapatkan 124 likes.

Setelah video tersebut ditelusuri, ada beberapa artikel berita berbahasa Mandarin yang telah mengunggah video itu sejak Agustus lalu. Salah satunya media Tiongkok Sohu, di artikelnya, setelah diterjemahkan ke Bahasa Inggris berjudul “A storm broke out in Shenzen and nine people in the hotel lobby couldn’t guard three doors!”. Artikel itu menggunakan video sama persis seperti yang diunggah akun Instagram @otaklite, dan dipublikasikan pada 13 Agustus 2024. Media Tiongkok QQ.com juga mengunggah video yang sama pada 9 Agustus 2024 dengan keterangan tempat di Shenzhen.

Lagi pula, melansir dari press release IFRC (International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies), Topan Yagi melanda Vietnam pada 7 September 2024 pukul 13:45 waktu lokal Vietnam, sementara video yang diunggah @otaklite tersebut sudah beredar sejak Agustus 2024.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh akun Instagram @otaklite merupakan konteks yang salah.

=====

Referensi:
https://www.sohu.com/a/800515656_682668


https://new.qq.com/rain/a/20240809V02RST00?suid=&media_id=


https://www.ifrc.org/press-release/millions-affected-super-typhoon-yagi-hits-vietnam