[SALAH] Video Christiano Ronaldo Memberikan Kode kepada Marteen Paes Saat Pinalti

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video itu merupakan gabungan dari dua video yang berbeda yang digabungkan menjadi satu.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/g7BCR

=====

Narasi:
“Inilah momen Ronaldo beri kode Marteen paes saat pinalty,,”.

=====

Penjelasan:
Akun Facebook dengan nama “Pentol Gaes” mengunggah video pendek yang memperlihatkan Christiano Ronaldo memegang alis kanan sebelum Marteen Paes melakukan tendangan pinalti. Video itu diklaim sebagai momen Ronaldo yang tertangkap kamera memberikan kode kepada Maarten Paes ketika pinalti. Video itu telah disukai 93 orang dan dibagikan ulang sebanyak 66 kali.

Setelah dilakukan penelusuran, terdapat dua video berbeda di video pendek yang diunggah Pentol Gaes tersebut. Bagian video yang memperlihatkan Ronaldo duduk di bangku penonton dan memegang alis kanannya ada di video yang diunggah kanal YouTube “Belitang FC” berjudul “[ FULL MATCH ] RONALDO VS MESSI LAST MATCH”. Cuplikan Ronaldo memegang alisnya dapat dilihat di menit 34:31 sampai 34:36.

Sementara itu, bagian awal di video Pentol Gaes yang memperlihatkan pemain Arab Saudi hendak menendang bola, dapat dilihat di video pendek YouTube RCTI yang berjudul “Marteen Paes Gagalkan Penalty”. Video itu merupakan cuplikan pertandingan Indonesia melawan Arab Saudi di AFC Asian Qualifier yang disiarkan langsung pada 6 September.

Dengan demikian, klaim dari video yang diunggah oleh “Pentol Gaes” merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=Z-U3pGV-N9Y&t=2071s


https://www.youtube.com/shorts/edCCVZag5a0