[SALAH] Luthfi Beri Rp 100.000 ke Pedagang “Ahmad Luthfi : Seratus Ribu Saja Cukup, Mereka Orang Miskin”


Artikel hasil periksa fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya, tidak ditemukan informasi yang valid mengenai judul berita Luthfi Beri Rp 100.000 ke Pedagang “Ahmad Luthfi : Seratus Ribu Saja Cukup, Mereka Orang Miskin” di laman Tribun Jateng. Tangkapan layar merupakan hasil suntingan. Selengkapnya di bagian penjelasan.
————————————
KATEGORI: KONTEN PALSU

————————————
NARASI:
Luthfi Beri Rp 100.000 ke Pedagang “Ahmad Luthfi : Seratus Ribu Saja Cukup, Mereka Orang Miskin”
Arsip: https://archive.md/RXLtU

————————————
PENJELASAN:
Akun Tiktok dengan nama @santrigapuk2 mengunggah sebuah konten tangkapan layar berita Tribun Jateng dengan judul, Luthfi Beri Rp 100.000 ke Pedagang “Ahmad Luthfi : Seratus Ribu Saja Cukup, Mereka Orang Miskin.”

Mulanya, penelusuran fakta dilakukan dengan mengetikkan judul berita yang beredar di kolom pencarian Google. Hasilnya, tidak ditemukan satupun judul berita yang relevan. Namun, petunjuk mengenai bakal Calon Gubernur Jateng, Ahmad Luthfi, memberikan uang Rp100.000 kepada pedagang terjadi di Pasar Talun Magelang pada 11 September 2024 lalu.

Penelusuran lebih lanjut dilakukan dengan menelusuri gambar Thumbnail berita melalui fitur Google Lens. Hasilnya dengan gambar yang sama, terdapat satu berita Tribunnews pada tanggal yang sama (13 September 2024) dengan judul “Pasar Tiban Semarang Heboh! Cagub Ahmad Luthfi Disambut Hangat, Dapat Dukungan Penuh dari Pedagang.”


Selain itu, tidak terdapat nama Hermawan Widodo sebaga bagian dari Jurnalis Tribun Jateng.
Adapun judul berita pada tangkapan layar merupakan hasil suntingan dengan menggunakan inspect element, yakni dengan mengedit judul berita pada sebuah web tanpa mengubah tampilan aslinya. Sehingga ketika discreenshot, judul berita pada sebuah web tampak nyata.

Dengan demikian, tangkapan layar yang beredar adalah tidak benar dan merupakan hasil suntingan.

————————————
REFERENSI:


https://jateng.tribunnews.com/2024/09/13/pasar-tiban-semarang-heboh-cagub-ahmad-luthfi-disambut-hangat-dapat-dukungan-penuh-dari-pedagang
https://www.liputan6.com/citizen6/read/3969079/viral-cara-mudah-edit-judul-berita-jadi-hoaks
https://www.niagahoster.co.id/blog/inspect-element/
https://www.affde.com/id/inspect-element-tutorial.html