[SALAH] Video Berisi Klaim Ikan Berloncatan Tanda Tsunami dan Gempa

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Klaim yang mengatakan ikan berloncatan tanda tsunami dan gempa di Indonesia adalah tidak benar. Pejabat dan peneliti setempat menjelaskan bahwa fenomena tersebut normal, bukan pertanda akan terjadinya gempa bumi yang belum bisa diprediksi. Sementara itu, video tersebut terjadi di Filipina pada Januari 2024.

===========

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

===========

[SUMBER]: Threads https://ghostarchive.org/archive/IKb0v (arsip)

===========

[NARASI]: “Pertanda apa nih bbrp pantai selatan indo, ikan pada berloncatan kedarat?
Apakah akan gempa atau tsunami?”

===========

[PENJELASAN]:
Artikel disadur dari Tempo.
Beredar sebuah unggahan video rekaman puluhan orang sedang menangkap ribuan ikan yang berloncatan menuju ke pantai dengan narasi yang menyebut sebagai tanda akan datangnya tsunami.

Faktanya, dilansir dari Tempo, Kepala Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya Nuraididin menyebut bahwa fenomena ikan berloncatan bukan berarti pertanda bencana besar atau tsunami. Menurutnya, hal ini merupakan siklus biasa yang sering terjadi setiap kemarau. Kemunculan ikan mendekati bibir pantai atau muara karena terjadi arus dingin di bawah laut karena cuaca. Ikan muncul ke permukaan untuk mendekati arus air yang lebih hangat.

Sementara itu, berdasarkan hasil penelusuran video yang beredar tersebut bukan terjadi di Indonesia melainkan di Pantai Barangay Tinoto, Kota Madya Maasim, Provinsi Sarangani,  Pulau Mindanao, Filipina.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan ikan berloncatan tanda tsunami dan gempa di Indonesia adalah tidak benar.

===========

 [REFERENSI] :
https://cekfakta.tempo.co/fakta/3114/keliru-video-berisi-klaim-ikan-berloncatan-tanda-tsunami-dan-gempa