[SALAH] Tornado dan Hujan Es Sapu Bersih Ratusan Rumah di Sumatera Utara

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Klaim yang mengatakan hujan es dan angin puting beliung sapu bersih ratusan rumah di Sumatera Utara adalah tidak benar. Faktanya hujan deras disertai angin puting beliung hanya sebabkan delapan rumah warga rusak.

===========

[KATEGORI]: Konten Palsu

===========

[SUMBER]: Youtube https://ghostarchive.org/varchive/aZ-euP0ycBU (arsip)

===========

[NARASI]: “Sumatera Utara Porak Poranda!! Tornado & Hujan Es Sapu Bersih Ratusan Rumah Dalam Sekejap”

===========

[PENJELASAN]:
Pada 3 September 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul Sumatera Utara porak poranda, tornado dan hujan es sapu bersih ratusan rumah dalam sekejap.

Namun, setelah disimak dan dilakukan pencarian Google ternyata narator hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh CNN yang berjudul “Hujan Es dan Angin Puting Beliung di Taput: 8 Rumah Rusak, 1 Meninggal”. Dalam artikel tersebut tidak dijelaskan bahwa angin puting beliung dan hujan es menyapu bersih ratusan rumah.

Dilansir dari CNN, hujan es yang disusul hujan deras disertai angin puting beliung hanya sebabkan delapan rumah warga rusak parah. Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan hujan es dan angin puting beliung sapu bersih ratusan rumah di Sumatera Utara adalah tidak benar.

===========

 [REFERENSI] :
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240902153626-20-1140197/hujan-es-dan-angin-puting-beliung-di-taput-8-rumah-rusak-1-meninggal