[SALAH] Sungai di Bandung Meluap Menenggelamkan Ribuan Rumah

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel berjudul “4 Kecamatan di Kabupaten Bandung Terendam Banjir”. Artikel tersebut memberitakan mengenai hujan yang mengguyur wilayah Bandung yang mengakibatkan 4 kecamatan terendam banjir pada 11 Septermber 2024.

===========

[KATEGORI]: Konten Palsu

===========

[SUMBER]: Youtube https://ghostarchive.org/varchive/fXBzgqkfAuU (arsip)

===========

[NARASI]: “BANDUNG JADI LAUTAN!! NGERI SUNGAI TERBESAR MELUAP SAPU RIBUAN RUMAH”

===========

[PENJELASAN]:
Pada 11 September 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul Bandung jadi lautan, sungai terbesar meluap sapu ribuan rumah.

Namun, setelah disimak dan dilakukan pencarian Google ternyata narator hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh DetikJabar yang berjudul “4 Kecamatan di Kabupaten Bandung Terendam Banjir”.

Artikel tersebut memberitakan mengenai hujan yang mengguyur wilayah Bandung yang mengakibatkan 4 kecamatan terendam banjir pada 11 September 2024. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Uka Suska Puji Utama menghimbau kepada masyarakat yang berada di sekitar sungai dan di area dekat pegunungan untuk berhati-hati.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang mengatakan sungai di Bandung meluap hingga menenggelamkan ribuan rumah adalah tidak benar.

===========

 [REFERENSI] :
https://www.detik.com/jabar/berita/d-7535136/4-kecamatan-di-kabupaten-bandung-terendam-banjir