[SALAH] Ratusan Rumah di Batang Natal Ambles Diterjang Banjir pada 8 September 2024

Hasil periksa fakta Ainayya.

Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel milik Madina Pos dan Mata Telinga mengenai banjir kiriman di Kecamatan Batang Natal pada 7 September 2024. Selain itu, tidak ditemukan bukti kredibel mengenai amblesnya ratusan rumah akibat banjir tersebut.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1726283911.107794/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “BATANG MELUAP BESAR! RATUSAN RUMAH AMBLES DALAM SEKEJAP, BANJIR BATANG | Banjir Besar Melanda Batang Natal (8 September 2024)”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube Storm7 mengunggah video dengan klaim bahwa ratusan rumah di Kecamatan Batang Natal, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara seketika ambles diterjang banjir besar pada 8 September 2024.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya narator hanya membaca ulang artikel dari dua sumber yang berbeda, yakni artikel milik Madina Pos berjudul “Hujan Lebat, Wilayah Muara Soma Kecamatan Batang Natal Dihantam Banjir Kiriman” dan artikel milik Mata Telinga berjudul “Sioru-oru Meluap, Kantor Camat dan Mako Polsek Batang Natal Tergenang Air”.

Sumber: Madina Pos

Kedua artikel tersebut memberitakan mengenai Kecamatan Batang Natal yang diterjang banjir deras kiriman dari wilayah hulu sungai Sioru-Oru pada 7 September 2024. Diketahui bahwa banjir tersebut mencapai tinggi lutut orang dewasa dengan kondisi air deras bercampur tanah.

Bupati Madina pun menghimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya di Kelurahan Muara Soma dan sekitarnya, untuk meningkatkan kewaspadaan atas kemungkinan banjir genangan air dan banjir bandang.

Selain itu, tidak ditemukan bukti kredibel mengenai amblesnya ratusan rumah di Kecamatan Batang Natal akibat diterjang banjir seperti yang diklaim pada unggahan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube Storm7 merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.matatelinga.com/Berita-Sumut/sioru-oru-meluap–kantor-camat-dan-mako-polsek-batang-natal-tergenang-air/all