[SALAH] PM Singapura Sampaikan: Indonesia Sibuk Ngurusin Negara Palestina padahal warganya banyak yang miskin contohnya di daerah-daerah ‘PAPUA’

Artikel hasil periksa fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya, tidak ditemukan informasi yang valid mengenai PM Singapura menyebut bahwa Indonesia sibuk ngurusin negara palestina padahal warganya banyak yang miskin contohnya di daerah-daerah Papua. Tangkapan layar merupakan hasil suntingan. Selengkapnya di bagian penjelasan.
—————————————————————–
KATEGORI: KONTEN PALSU

—————————————————————–
NARASI:
PM Singapura Sampaikan: Indonesia Sibuk Ngurusin Negara Palestina padahal warganya banyak yang miskin contohnya di daerah-daerah ‘PAPUA’
Arsip: https://archive.md/H8Tor

—————————————————————–
PENJELASAN:
Akun Facebook dengan nama Rosari Fit mengunggah sebuah tangkapan layar judul berita di media online Indonesia News dengan judul “PM Singapura Sampaikan: Indonesia Sibuk Ngurusin Negara Palestina padahal warganya banyak yang miskin contohnya di daerah-daerah ‘PAPUA’.

Penelusuran fakta dilakukan dengan mencari situs www.indonesia.news, namun tidak ditemukan satupun situs dengan nama demikian.

Selain itu, hasil penelusuran manual dengan mengetikkan judul berita yang beredar melalui kolom pencarian di Google, tidak ditemukan satupun sumber valid yang memberitakan.

Dengan demikian, tangkapan layar yang beredar adalah tidak benar dan merupakan hasil suntingan.
—————————————————————–
REFERENSI:


https://www.liputan6.com/citizen6/read/3969079/viral-cara-mudah-edit-judul-berita-jadi-hoaks