[SALAH] Moderna Mengakui Vaksin Covid-19 Menyebabkan Kanker

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Klaim yang menyebut bahwa perusahaan farmasi Moderna mengakui bahwa vaksin Covid-19 buatan mereka menyebabkan kanker adalah salah. Kekhawatiran potensial soal mutagenesis yang disebutkan dalam permohonan paten Moderna adalah tentang vaksin yang menggunakan DNA sebagai bahan utamanya. Sementara, vaksin Covid-19 yang dikembangkan Moderna dan disetujui penggunaannya adalah vaksin bertipe mRNA, bukan vaksin DNA.

===========

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/nuJuS (arsip)

===========

[NARASI]: “”Kebenaran akan mencari Jalan nya sendiri”
Moderna telah mengakui vaksin COVID mRNA-nya menyebabkan KANKER setelah miliaran fragmen DNA ditemukan dalam botol suntikan berbahaya tersebut.”

===========

[PENJELASAN]:
Artikel disadur dari Kompas.
Beredar unggahan di media sosial Facebook mengklaim bahwa perusahaan farmasi moderna telah mengakui bahwa vaksin Covid-19 buatan mereka menyebabkan kanker. Narasi tersebut disertai tautan menuju artikel berjudul “Moderna confirms mRNA COVID Vaccines cause Cancer” yang dimuat di situs expose-news.com.

Dilansir dari Kompas.com, narasi Moderna mengakui bahwa vaksin Covid-19 buatan mereka menyebabkan kanker adalah hoaks. Narasi tersebut disebarkan oleh Robert Malone, menurut PolitiFact.com Malone merupakan seseorang yang memiliki riwayat menyebarkan klaim palsu terkait pandemi dan Covid-19.

Permohonan paten tersebut terkait dengan vaksin RNA, tetapi komentar yang disoroti Malone adalah tentang vaksin DNA. Dalam deskripsinya tentang vaksin DNA, permohonan paten Moderna menyebutkan beberapa kekhawatiran teoritis terkait kanker sebagai contoh kelemahan teknologi tersebut. Salah satunya adalah kemungkinan mutagenesis sisipan, yang dapat menyebabkan aktivasi onkogen atau penghambatan gen penekan tumor.

Namun, kekhawatiran potensial soal mutagenesis yang disebutkan dalam permohonan paten Moderna adalah tentang vaksin yang menggunakan DNA sebagai bahan utamanya. Sementara, vaksin Covid-19 yang dikembangkan Moderna dan disetujui penggunaannya adalah vaksin bertipe mRNA, bukan vaksin DNA. Tidak ada sisa DNA yang mengkode gen penyebab kanker dalam vaksin mRNA.

===========

 [REFERENSI] :
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/09/11/100100182/-hoaks-moderna-mengakui-vaksin-covid-19-menyebabkan-kanker?page=all