[SALAH] Foto Biksu yang Ditemukan di Dalam Gua Dekat Waduk Karangkates Malang

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Biksu yang ada di foto itu adalah Luang Phor Pian asal Kamboja yang meninggal di Thailand sejak November 2017, bukan biksu yang ditemukan di dekat waduk Karangkates, Malang.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/QZnAU

=====

Narasi:
“Baru saja ditemukan seorang biksu dalam gua di pegunungan dekat Waduk Karangkates malang.

Semula para masyarakat mengira ini sebuah mummi, setelah diamati dengan seksama ternyata denyut nadinya masih ada walaupun lemah sekali”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @UpdateNegri mengunggah foto seorang biksu tua yang sedang dipegangi dua petugas. Foto itu diklaim oleh @UpdateNegri sebagai seorang biksu yang baru saja ditemukan di dekat waduk Karangkates Malang dan masih memiliki denyut nadi meskipun sangat lemah.

Setelah dilakukan penelusuran, biksu di foto itu adalah Luang Phor Pian, biksu asal Thailand yang telah meninggal sejak 16 November 2017 di Bangkok. Informasi ini didapatkan dari artikel The Sun yang berjudul “SMILING DOWN ON US Dead Buddhist monk ‘smiles’ after his body was removed from his coffin two months after he died” yang ditulis pada 22 Januari 2018. Melansir dari artikel ini, foto biksu Luang Phor Pian yang tersenyum sambil dipegangi dua petugas tersebut diambil dua bulan setelah biksu tersebut meninggal, yang berarti tidak ada denyut nadi.

Selain itu, narasi serupa dengan foto yang sama persis juga pernah dibahas oleh turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Penemuan Biksu Berusia 300 Tahun di Pegunungan Nepal”

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh akun Twitter @UpdateNegri merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.thesun.co.uk/news/5399543/incredible-pics-show-dead-buddhist-monk-smiling-after-his-body-was-removed-from-his-coffin-by-followers-two-months-after-he-died/


https://turnbackhoax.id/2024/07/16/salah-penemuan-biksu-berusia-300-tahun-di-pegunungan-nepal/