[PENIPUAN] Ridwan Kamil Berikan Bantuan Biaya Sekolah, Modal Usaha, dan Bayar Hutang

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Video tersebut sebesar 99,9% memiliki probabilitas buatan AI. Penelusuran gambar menemukan video asli Ridwan Kamil yang terpublikasi di akun TikTok miliknya pada Mei 2023, dalam video tersebut ia memberikan pesan semangat kepada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi.

= = =

Kategori: Konten Tiruan

= = =

Sumber: TikTok

https://bit.ly/47qXABR

Arsip video: https://bit.ly/3XeR8cB

= = =

Narasi:

“Assalamualaikum, saya Ridwan Kamil di akun TikTok ini saya akan berbagi bantuan tapi bantuan ini hanya yang benar-benar membutuhkan ya. Bantuan yang saya berikan sesuai yang saya terangkan di bawah. Silakan follow akun ini dan bagikan videonya, lalu pilih apa yang kalian butuhkan, tapi ingat jika sudah saya bantu jangan untuk foya-foya.”

“bantuan ini untuk kamu yang membutuhkan. Biaya Sekolah 10 juta. Modal usaha 10 juta. Bayar hutang 10 juta.”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video dari Ridwan Kamil yang beredar di TikTok menyebut bahwa dirinya akan membagikan bantuan untuk biaya sekolah, modal usaha, dan bayar hutang yang masing-masing sebesar 10 juta. Video tersebut beredar dari akun TikTok dengan username @ridwankamil.official01.

Setelah ditelusuri, faktanya video tersebut merupakan video buatan AI atau Deepfake. Hasil alat deteksi buatan AI dari Hive Moderation, ditemukan hasil sebesar 99,9% video tersebut adalah buatan AI.

Penelusuran gambar dengan Google Lens ditemukan video asli dari akun asli TikTok milik Ridwan Kamil, @ridwankamil.official, yang telah diposting sejak 16 Mei 2023, dalam video tersebut ia memberikan pesan semangat kepada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi.

Dengan demikian, Ridwan Kamil berikan bantuan biaya sekolah, modal usaha, dan bayar hutang adalah tidak benar dengan kategori Konten Tiruan.

= = =

Referensi:

https://hivemoderation.com/ai-generated-content-detection (Arsip: https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/09/hasil-AI-bantuan-biaya-sekolah-modal-usaha-dan-bayar-hutang-dari-ridwan-kamil.pdf)

@ridwankamil.official

Replying to @Sadgrilstrong pesan buat para pejuang skripsi 🙏🏻

♬ original sound – KANG EMIL – KANG EMIL

= = =