[SALAH] Prabowo Pilih Puan Menjadi Wapres Menggantikan Gibran

Hasil periksa fakta Panji

Isi video hanya membahas pernyataan Rocky Gerung tentang dugaan pemberian uang kepada putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming, oleh menteri-menteri. Tidak ada penjelasan yang membenarkan jika Puan ditunjuk untuk menggantikan Gibran sebagai Wapres.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: Youtube https://ghostarchive.org/varchive/MxRN1TqCMz0 (arsip)

===========

[NARASI]:

GIBRAN GAGAL DI LANTIK PRABOWO PILIH PUAN JADI WAPRES

===========

[PENJELASAN]: 

Sebuah unggahan di Youtube menyebarkan sebuah klaim jika Gibran gagal dilantik menjadi Wakil Presiden, sehingga Prabowo menunjuk Puan Maharani untuk menggantikan Gibran menjadi Wapres.

Akan tetapi saat disimak isi video tersebut memiliki pembahasan yang sangat berbeda dari klaim pada judul. Isi video hanya membahas mengenai pernyataan Rocky Gerung terkait dengan dugaan pemberian uang kepada putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming, oleh menteri-menteri. 

Terkait pernyataan yang telah disampaikan Rocky tersebut akhirnya KPK membuka suara. Dilansir dari Kabar24 juru bicara KPK, Tessa Mahardika Sugiarto, menyampaikan keterbukaan KPK untuk mempersilahkan semua masyarakat membuat laporan jika merasa memiliki bukti tentang adanya praktik korupsi oleh siapa saja, sehingga apa yang disangkakan bisa jelas nanti ditelusuri dan tidak menjadi fitnah.

Hingga akhir video tidak ada penjelasan yang dapat membuktikan jika benar Prabowo telah menunjuk Puan untuk menggantikan Gibran sebagai Wapres.

===========

 [REFERENSI] :

https://kabar24.bisnis.com/read/20240906/15/1797650/rocky-gerung-sebut-menteri-menteri-setor-uang-ke-gibran-setiap-sabtu-kpk-dorong-publik-lapor