[SALAH] Foto Ma’ruf Amin Bersama Dua Istrinya

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Tidak benar unggahan tersebut. Foto tersebut berasal dari Instagram resmi Ma’ruf Amin dan bukan bersama dua istrinya. Wanita yang di sebelah kirinya merupakan anak dari istri pertama yang sudah meninggal tahun 2013 dan yang di sebelah kanan adalah istri keduanya yang menikah pada 2014.

====
[KATEGORI] Konten Menyesatkan

====
[SUMBER] Facebook
https://arsip.cekfakta.com/archive/1726193711.791803/index.html

====
[NARASI]
Haha

Dia diam ketika konstitusi diacak-acak, Rakyat meradang menuntut keadilan dia diam.
Diam-diam bininya dua.

====
[PENJELASAN]
Beredar unggahan di Facebook yang memperlihatkan foto Wakil Presiden Indonesia Ma’ruf Amin sedang bersama dua wanita yang dikatakan sebagai istrinya. Foto ini diunggah oleh akun bernama @Adi Darman pada 10 September 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, ternyata informasi tersebut tidaklah benar. Pemeriksa fakta mencoba menelusuri foto tersebut dengan Google Lens dan hasilnya mengarah pada artikel di laman http://rm.id. Dalam artikel ini foto tersebut diperoleh dari Instagram resmi Ma’ruf Amin yang diunggah pada tahun 2018 ketika mencalonkan diri sebagai wakil presiden Indonesia di pemilu 2019. Dalam artikel tersebut juga dijelaskan bahwa foto tersebut bukanlah kedua istri Ma’ruf Amin. Wanita yang di sebelah kirinya merupakan anak dari istri pertamanya dan yang istrinya di sebelah kanan.

Sementara itu, melansir dari http://kumparan.com Ma’ruf Amin memang menikah dua kali. Namun, pernikahan keduanya dilakukan pada tahun 2014 setelah istri pertamanya meninggal dunia tahun 2013. Oleh karena itu, saat ini Ma’ruf Amin hanya memiliki satu istri. Dengan demikian, unggahan di atas tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://rm.id/baca-berita/parpol/1003/putri-maruf-amin-gagas-relawan-milenial#google_vignette

https://m.kumparan.com/amp/profil-tokoh/profil-wury-estu-handayani-istri-maruf-amin-dan-perjalanan-kariernya-23M2PJnyXPA