[SALAH] Dua Putra Jokowi Divonis Penjara oleh KPK

Hasil periksa fakta Panji

Thumbnail video merupakan hasil manipulasi sehingga membuat Kaesang dan Gibran seolah sedang ditangkap KPK, selain itu isi video juga tidak membuktikan tentang benar adanya penangkapan kepada dua putra Presiden tersebut.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: Youtube https://ghostarchive.org/varchive/QbOl-lSWlZY (arsip)

===========

[NARASI]:

RESMI BERSALAH AKHIRNYA 2 PUTRA JOKOWI DI VONIS PENJARA

===========

[PENJELASAN]: 

Sebuah unggahan di Youtube menyebarkan sebuah klaim jika Kaesang dan Gibran resmi divonis hukuman penjara oleh KPK. Pada bagian thumbnail juga memperlihatkan jika dua putra Presiden Jokowi tersebut sedang berdiri di dalam gedung KPK membelakangi Ketua KPK, Firli Bahuri.

Saat ditelusuri dengan bantuan Google Lens, ditemukan hasil jika thumbnail tersebut berasal dari aset foto Liputan 6 yang diunggah pada tahun 2021 lalu. Dalam deskripsi foto dijelaskan jika foto tersebut diambil ketika Firli Bahuri mengumumkan ada 75 pegawai KPK yang tidak lolos tes kebangsawanan. Foto tersebut dimanipulasi dengan menambahkan foto Kaesang dan Gibran seolah sedang ditangkap KPK.

Selain itu,  isi video tersebut hanya berisi tentang kritikan Pandji Pragiwaksono terhadap pernyataan Kaesang yang mengatakan jika dirinya tidak mengetahui peristiwa Orba karena masih kecil. Menurut Pandji, sebagai ketua umum partai, Kaesang tak bisa melakukan komunikasi politik seperti itu di depan publik. 

===========

 [REFERENSI] :

https://www.liputan6.com/photo/read/4551039/foto-ketua-kpk-umumkan-75-pegawai-tidak-lolos-tes-wawasan-kebangsaan?page=5

https://www.democrazy.id/2024/02/duh-pandji-pragiwaksono-sebut-anak-jokowi-bodoh-gak-tahu-orba.html?amp=0