[SALAH] Bukti Foto Jokowi Memalsukan Ibu Kandung

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya ibu kandung Jokowi adalah Sujiatmi, wanita berkerudung merah ada dalam unggahan Facebook tersebut. Tidak ada temuan informasi jika wanita tua berambut putih tersebut merupakan ibu kandung Jokowi yang kemudian dipalsukan identitasnya.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/09/1.pdf (arsip)

===========

[NARASI]:

sekejam kejamnya Fir’aun, dia gak akan memalsukan Ibu kandungnya Sampai Kapanpun Ibu Tak Akan Bisa Terganti

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar postingan di Facebook yang membagikan klaim tentang bukti foto jika Presiden Jokowi telah memalsukan identitas ibu kandungnya. Gambar pertama terlihat Jokowi bersama seorang wanita tua berambut putih. Sedangkan gambar kedua, terlihat Jokowi bersama wanita tua yang mengenakan jilbab berwarna merah.

Klaim seperti ini pernah beberapa kali dibahas di turnbackhoax.id, kompas.com, dan liputan6.com. Berdasarkan beberapa sumber temuan tersebut, diketahui jika nama ibu kandung Jokowi adalah Sujiatmi Notomiharjo. Saat dicocokkan dengan bantuan Google Lens, sosok wanita berkerudung merah tersebutlah yang merupakan ibu kandung dari Presiden Jokowi.

Sedangkan sosok wanita tua yang berambut putih tersebut sebelumnya juga sudah beberapa kali diklaim oleh beberapa akun di media sosial jika beliau adalah Sulami, seorang tokoh Gerawan yang juga diklaim sebagai ibu kandung Jokowi.

Namun, berdasarkan dari pembahasan artikel Liputan 6 yang berjudul “[Cek Fakta] Kabar Ibu Jokowi Aktivis Gerwani Adalah Hoaks”, tidak dikonfirmasi jika wanita tua tersebut adalah Sulami, seorang tokoh Gerwani sekaligus ibu kandung Jokowi.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/3931143/cek-fakta-kabar-ibu-jokowi-aktivis-gerwani-adalah-hoaks

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/08/26/163200382/-hoaks-jokowi-memalsukan-ibu-kandungnya